androidvodic.com

Membandingkan Rangka eSAF dengan Rangka Underbone, Begini Hasilnya - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, JAKARTA – Baru-baru ini jagad maya dihebohkan dengan patahnya rangka sepeda motor Honda.

Tak hanya patah, rangka sepeda motor Honda keluaran terbaru juga ada yang berkarat dan keropos.

Usut punya usut, rangka sepeda motor Honda keluaran terbaru ini disebut eSAF. Adapun eSAF sendiri memiliki kepanjangan Enhanced Smart Architecture Frame.

Baca juga: Daftar Harga dan Cara Beli Rangka eSAF di AHASS

Dari sekian banyaknya kasus mengenai keropos dan berkaratnya rangka motor keluaran terbaru Honda, Institut Mekanik Motor Indonesia atau IMMI mencoba untuk membandingkan rangka eSAF dengan rangka underbone.

Melalui postingan video yang dibagikan oleh akun Instagram @gridoto, IMMI melakukan perbandingan menggunakan motor Honda Beat tahun 2022 dengan rangka eSAF dan Beat tahun 2012 dengan rangka underbone.

Hasilnya pun terlihat sangat berbeda, di mana rangka Honda Beat yang menggunakan eSAF cenderung mudah berkarat pada bagian las-lasan. Kemudian dari sisi kekokohan, rangka eSAF ini juga dinilai kurang tebal jika dibandingkan dengan rangka underbone.

“Produsen dan Quality Control harus memikirkan kembali kualitas rangkanya,” kata Sunarya, guru dan pengajar di IMMI.

Dia pun menyarankan produsen motor Honda untuk melapisi pada bagian las-lasan tersebut dengan menggunakan cat yang tebal agar tidak menimbulkan karat.

Sebagaimana diketahui, PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan inovasi baru ini pada 2019 dan saat itu rangka eSAF pertama kali digunakan pada skutik Honda Genio.

Baca juga: Heboh Rangka eSAF Motor Honda Keropos, Pengamat Sayangkan Reaksi AHM: Komunikasinya Kurang Tepat

AHM mengklaim rangka eSAF ini memiliki sejumlah keunggulan.

Dilansir dari Kompas.com, berikut keunggulan dari rangka eSAF Honda:

1. Bobot lebih Ringan

Pembuatan rangka ini bukan lagi menggunakan pipa tetapi pelat baja yang ditekuk dan dipres, kemudian di las laser sehingga ada lipatan atau tulang di sisi-sisinya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat