androidvodic.com

Inggris dan Ceko Mulai Uji Bus Otonom Berpenampilan Misterius - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News - Automaker Aurrigo yang berbasis di Inggris meluncurkan Auto-Shuttle sebagai bus otonom yang ditunjuk untuk proyek Living Lab for Autonomous Electric Vehicles.

Bus dengan penampilan abu-abu yang misterius tersebut pada tahap awal Auto-Shuttles akan memiliki operator manusia untuk mengendalikan bus jika terjadi kesalahan.

Akan tetapi, secara bertahap Aurrigo berencana untuk mengganti operator manusia dengan pengawas jarak jauh, yang tidak secara fisik berada di dalam bus, namun masih dapat mengambil alih jika terjadi kesalahan.

Baca juga: Toyota Mulai Uji Coba Bus Otonom e-Palette di Jepang

Dengan demikian, diharapkan penumpang dapat terbiasa menggunakan bus tanpa pengemudi, sekaligus mengembangkan teknologi yang sepenuhnya otonom.

Aurrigo bekerja sama dengan Living Lab for Autonomous Electric Vehicles, yang didanai oleh Uni Eropa dan proyek ini dipimpin oleh University College of London.

Kendaraan Auto-Shuttle dari pabrikan diuji coba di Praha dan Brno Republik Ceko, serta di Milton Keynes Inggris.

"Perkotaan menghadapi tantangan seperti pengurangan emisi, peningkatan keselamatan dan mobilitas pengendara sepeda atau pejalan kaki, dan peningkatan kualitas hidup warga. Pesawat ulang-alik atau pod tanpa pengemudi dapat menjadi terobosan bagi kota-kota karena mereka dapat mengatasi banyak tantangan ini," tutur Profesor University College London yang bekerja sama dengan Aurrigo dalam proyek ini Bani Anvari, dikutip dari Carscoops.

Auto-Shuttle mengandalkan teknologi LiDAR, serta kamera dan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri oleh Aurrigo untuk memberikan gambaran yang jelas dan konsisten tentang dunia di sekitarnya.

Perusahaan mengatakan bahwa mereka bekerja dengan kerangka keselamatan yang kuat untuk menerapkan teknologinya secara bertanggung jawab.

CEO Aurrigo David Keene, menyampaikan penerapan Auto-Shuttle pertama di daratan Eropa untuk Aurrigo dan pihaknya senang bisa bekerja sama dengan kelompok mitra bergengsi untuk bergerak menuju langkah penting dalam transportasi umum otonom.

"Jalanan berbatu abad pertengahan di Praha yang dibangun sebelum mobil atau bus diimpikan sangat kontras dengan jalan modern di Milton Keynes, yang menunjukkan pentingnya pengujian di banyak kota," ucap Keene.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat