androidvodic.com

Mudik Lebaran dari Jakarta ke Malang Full Trans Jawa, Segini Biaya Tolnya - News

Laporan Wartawan News, Nitis Hawaroh

News, JAKARTA -  Kota dan kabupaten di Jawa Timur menjadi tujuan terbanyak yang akan didatangi pemudik selama arus mudik Lebaran 2024 ini. Sebanyak 19,44 persen masyarakat akan mudik ke kota-kota di Jawa Timur.

Bahkan, jika melihat data Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, daerah Jawa Timur menjadi daerah asal terbanyak yang akan melakukan mudik Lebaran 2024.

Tribunnews memberikan sedikit gambaran terkait rincian biaya yang harus disiapkan, pada saat melakukan mudik terutama menggunakan kendaraan pribadi untuk perjalanan Kota Jakarta menuju Malang, Jawa Timur melalui Tol Trans Jawa.

Setidaknya terdapat 19 ruas tol yang harus dilewati dari Jakarta menuju Malang.

Jika ditotal, biaya tol yang harus Anda siapkan untuk mudik dari Jakarta ke Malang full via tol Trans Jawa adalah sebesar Rp 1.026.500.

Dari 22 ruas tol tersebut biaya yang paling besar dikeluarkan yaitu di ruas Tol Solo - Ngawi Rp 131.000.

Terkait hal tersebut, Jasa Marga mengimbau masyarakat agar mempersiapkan saldo uang elektronik agar tercukupi selama perjalanan mudik Lebaran.

Jasa Marga juga mengimbau para pengguna jalan tol agar memperhatikan aspek kesiapan perjalanan, seperti memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan.

Serta mempersiapkan perbekalan selama perjalanan misalnya makanan, minuman, serta peralatan ibadah, obat-obatan pribadi.

"Pastikan juga BBM sudah terisi penuh sebelum melakukan perjalanan, lakukan pengecekan tarif tol serta mengisi saldo uang elektronik dengan cukup," kata Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana saat Konferensi Pers, dikutip Sabtu (30/3/2024).

Baca juga: Mudik dari Tangerang ke Solo Siapkan Biaya Tol Rp 544.000, Ini Rincian Pengeluarannya

"Kemudian memastikan kecukupan pulsa/data ponsel dan download aplikasi Travoy untuk mendapatkan informasi lalu lintas terkini dan update lokasi posko layanan kesehatan di Rest Area Jasa Marga Group yang juga dilengkapi dengan fitur push notification," imbuhnya.

Berikut rincian biaya tol atau tarif tol untuk mudik Lebaran dari Jakarta ke Malang full via tol Trans Jawa:

- Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road: Rp17.000

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat