androidvodic.com

Bertemu Gaikindo-nya Tiongkok, Menperin Tawarkan Kerjasama Perakitan untuk Tes Pasar, Apa Skemanya? - News

News - Investasi menjadi instrumen penting bagi keluar masuknya arus modal dari dalam maupun luar negeri untuk ditanamkan pada sektor-sektor yang berpotensi menghasilkan keuntungan ekonomis.

Kunjungan kerja Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ke Tiongkok minggu ini makin membuka peluang bagi para pelaku industri otomotif asal Negeri Tirai Bambu untuk meningkatkan ekspor kendaraan bermotor berbasis listrik yang diproduksi di Indonesia.

Dalam lawatannya ke Tiongkok, Agus Gumiwang bertemu empat bos perusahaan otomotif, yaitu Neta, SGMW (Wuling), Dongfeng, dan Chery.

Petinggi keempat perusahaan yang ditemui Menperin menyambut baik harapan Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan ekspor, baik melalui penambahan volume maupun negara tujuan ekspor, dari pabrik-pabriknya di Indonesia.

Dalam pertemuan terpisah, empat industri otomotif China tersebut juga sepakat dengan Menperin untuk menjadikan Indonesia sebagai hub basis produksi mobil listrik setir kanan, untuk diekspor ke 54 negara pengguna mobil setir kanan.

Menperin Agus Gumiwang saat berbincang dengan media di Park Hyatt Beijing, China, Rabu (12/6/2024).
Menperin Agus Gumiwang saat berbincang dengan media di Park Hyatt Beijing, China, Rabu (12/6/2024). (Tribunnews/Sanusi)

Dengan demikian, hal itu sejalan dengan target pemerintah Indonesia yang telah menetapkan produksi electric vehicle pada tahun 2030 sebesar 600.000 unit.

Libatkan Vendor Lokal untuk Rantai Pasok Perakitan Mobil

Kamis kemarin, 13 Juni 2024, saat melakukan pertemuan bilateral dengan China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) atau Gaikindo-nya Tiongkok, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan Pemerintahan Indonesia menawarkan skema kerja sama perakitan bagi industri otomotif Tiongkok yang ingin melakukan uji pasar di Indonesia.

Menperin memberi contoh industri otomotif Tiongkok yang sudah lebih dahulu masuk di Indonesia yaitu, MG yang dirakit di pabrik SGMW, serta Chery dan Neta yang dirakit di general assembler PT Handal.

"Kami berharap skema ini dapat dipromosikan ke industri otomotif Tiongkok lainnya, sehingga semakin banyak pabrikan Tiongkok yang dapat memanfaatkan peluang ini," ujarnya, di Park Hyatt Hotel, Beijing, Kamis (13/6/2024).

Pemerintah Indonesia sangat mengharapkan pabrikan otomotif Tiongkok dapat membawa rantai pasok mereka ke Indonesia.

Selain itu, pemerintah juga mengharapkan agar pabrikan Tiongkok dapat memanfaatkan komponen produksi dari Industri Kecil Menengah (IKM) Indonesia dan menjadikannya bagian dari rantai pasok global.

Baca juga: Menperin Agus Gumiwang Tantang Semua Brand Otomotif BAIC Group Rakit Mobilnya di Indonesia

Menperin mengatakan, Pemerintah Indonesia berharap Gaikindo dan CAAM dapat mengawal kolaborasi ini dengan baik, sehingga Indonesia dapat dijadikan pilihan utama sebagai basis produksi otomotif khususnya untuk kendaraan setir kanan.

"Selain itu, kami juga berharap Gaikindo dan CAAM dapat menggali potensi perluasan negara tujuan ekspor bagi perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia," ujarnya.

Rasio Kepemilikan Mobil di Indonesia Masih Rendah

China Association of Automobile Manufacturers (CAAM) mengungkapkan Indonesia merupakan pasar otomotif terbesar di ASEAN, dengan total penjualan pada tahun 2023 mencapai 1 juta unit, yang setara dengan 30 persen dari pangsa pasar di ASEAN.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat