androidvodic.com

Posisi Mengemudi Truk yang Tepat Bisa Menimalisir Risiko Kecelakaan - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, JAKARTA - Angka kecelakaan jalan raya yang melibatkan truk menempati posisi kedua dengan presentase 10 persen dari total keseluruhan peristiwa kecelakaan saat ini.

Faktor penyebabnya amat beragam. Bisa berasal dari kondisi jalan yang tidak layak, kondisi truk yang tidak prima seperti pada komponen kaki-kaki, mesin dan pengereman.

Bisa juga diakibatkan karena faktor human error termasuk posisi mengemudi si driver atau sopir yang tidak optimal, misalnya posisi mengemudi yang tidak ergonomis.

Karena itu, penting bagi para pengemudi untuk memahami posisi ergonomi dalam berkendara supaya tidak hanya memberikan kenyamanan tetapi juga keamanan.

Sebagai informasi, posisi ergonomi tiap pengemudi berbeda-beda, berikut adalah hal-hal yang dapat disiapkan dan diperhatikan oleh pengemudi ketika akan mengendarai unit truk besar, seperti Mercedes-Benz Axor.

1. Posisi Naik Kendaraan

Pertama, pengemudi harus memastikan pintu terbuka dengan posisi 90 derajat. Posisi naik dan turun truk diharapkan menggunakan metode 3 titik tumpu dan menghadap pada kendaraan. Posisi 3 titik tumpu tersebut adalah posisi dua tangan dan satu kaki.

Bagian 3 titik tumpu dimulai dengan memposisikan kedua tangan pada handle di dalam pintu dan besi yang ada di bawah jok kaki kursi pengemudi.

Lalu pengemudi memijakkan kaki dominannya pada anak tangga kendaraan. Sebelum menaiki kendaraan, pastikan pijakan kaki dan kedua tangan tidak dalam kondisi licin. Kemudian, ketika ingin turun pastikan area saat turun dalam kondisi landai serta aman.

2. Posisi Duduk Tepat

Setelah pengemudi menaiki kendaraan dengan aman dan dapat duduk dengan nyaman, para pengemudi harus melakukan pengaturan kursi untuk kenyamanan berkendara.

Posisi duduk disarankan kurang lebih 100 - 115 derajat, dengan jangkauan tangan pengemudi tidak terlalu jauh dengan setir sehingga posisi tangan tidak lurus menggantung.

Ketika duduk, posisi kaki atau lekuk lutut pengemudi pun harus diatur sesuai postur pengemudi, hal ini dilakukan supaya pengemudi tidak mudah lelah ketika menyetir jarak jauh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat