androidvodic.com

Perluas Kolaborasi, Universitas Indonesia Intensifkan Kerjasama dengan UC Berkeley - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Universitas Indonesia atau UI melakukan kerjasama dengan University of California, Berkeley (UC Berkeley).

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris mengatakan, ikhtiar ini Universitas Indonesia untuk menjadi kampus kelas dunia (worldclass university).

Kerjasama ini terjalin setelah UI yang diwakili oleh Abdul Haris bersama Heri Hermansyah (Dekan Fakultas Teknik), dan Vishnu Juwono (Kepala Biro Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi) mengunjungi salah satu universitas terbaik dan tertua di Amerika Serikat tersebut.

Baca juga: Penerimaan Mahasiswa Baru UI 2023/2024, Kampus Tegaskan Tidak Ada Maba Titipan

Delegasi UI diterima oleh Director of International Partnership, College of Engineering UC Berkeley Matthew Sherburne, dan Diaspora Indonesia sekaligus Co-Director George Anwar.

Pertemuan ini guna melakukan monitoring dan evaluasi kerja sama penelitian, serta memperluas kolaborasi melalui program joint-degree untuk program doktoral (Ph.D.), dan international student mobility.

“Suatu kebanggaan bagi Universitas Indonesia dapat bermitra dan berkolaborasi dengan salah satu kampus terbaik dunia," ucap Haris dalam keterangannya, Kamis (25/5/2023).

"Ini berarti bahwa reputasi akademik UI diakui dan disegani oleh komunitas ilmiah internasional, khususnya di negara-negara maju," pungkasnya.

Diketahui, UC Berkeley adalah perguruan tinggi negeri di Negara Bagian California yang didirikan pada tahun 1868.

Baca juga: Biaya Gedung untuk Kuliah Kedokteran di Kelas Internasional UI Rp111 juta

Universitas tersebut memiliki keunggulan dalam hal penelitian, khususnya di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics).

Tak lupa, perwakilan UI tersebut juga menyapa para mahasiswa dan dosen muda yang tengah mengikuti program kolaborasi penelitian di lembaga-lembaga riset di UC Berkeley.

Serta mengadakan pertemuan dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Fransisco.

Sejalan dengan upaya meningkatkan global engagement, UI turut hadir dalam konferensi internasional yang diselenggarakan oleh Quacquarelli Symonds, lembaga pemeringkatan ranking pendidikan tinggi ternama di dunia, bertajuk QS Edu Data Summit 2023.

“Kami juga sekaligus menghadiri QS Edu Data Summit 2023 yang sangat bermanfaat bagi UI untuk memahami trend dan menemukan peluang terkini di dunia pendidikan tinggi pada skala global," paparnya.

"Serta (mengetahui) menyusun strategi peningkatan reputasi akademik internasional, dan memaksimalkan proses rekrutmen mahasiswa asing berdasarkan pada analisis data," pungkas Haris.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat