androidvodic.com

Guru Besar Unand: Anies Baswedan Akan Bisa Lebih Unggul dari Prabowo di Sumbar pada Pilpres 2024 - News

News, SIJUNJUNG - Pengamat politik sekaligus Guru Besar Universitas Andalas (Unand) Prof Asrinaldi menilai Anies Baswedan akan mengungguli Prabowo Subianto di Sumatera Barat (Sumbar) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkannya kepada TribunPadang.com (Tribun Network), Minggu (21/5/2023).

Asrinaldi menyebut, karakter pemilih Sumbar meliputi bagaimana konteks religiusitas dengan Islam, pragmatisme dan rasionalitas masyarakat Minangkabau akan mempengaruhi kepada pilihannya.

"Saya kira, dengan tiga faktor tersebut, segmen Prabowo pada Pilpres yang lalu akan berpikir dua kali untuk kembali memilih Prabowo karena, mereka punya alternatif lain yaitu Anies," jelasnya.

Menurutnya, sosok Prabowo dan Anies tidak jauh berbeda, tetapi bedanya ada pada konteks harapan politik yang mereka bangun kepada dua Bakal Calon Presiden (Bacapres) tersebut.

"Selama dua periode Pilpres sebelumnya, suara masyarakat Sumbar dimenangkan mutlak oleh Prabowo, tetapi saat ini sudah ada alternatif yaitu Anies," jelasnya.

Pengamat politik Unand Prof Asrinaldi saat diwawancarai wartawan, Jumat (10/2/2023).
Pengamat politik Unand Prof Asrinaldi saat diwawancarai wartawan, Jumat (10/2/2023). (Tribun Padang)

Dikatakannya, masyarakat Minangkabau tidak hanya terpaku pada satu pilihan saja,  tetapi sangat dinamis.

"Dalam konteks ini, Anies bisa mengambil suara Prabowo di Sumbar, walaupun tentunya pendukung loyal Prabowo akan tetap ada," tutur Asrinaldi.

Menurutnya, melihat apa yang terjadi saat ini, Anies memiliki kans lebih besar dari pada Prabowo untuk memperoleh suara di Sumbar.

"Untuk Pilpres 2024 mendatang, tentunya akan berbeda dengan sebelumnya, karena ada tiga nama saat ini yang akan menjadi Capres Anies dan Prabowo serta ditambah dengan Ganjar Pranowo," imbuhnya.

Dosen Ilmu Politik Unand tersebut menyebut, Anies tidak akan bisa memenangkan suara mutlak seperti yang diperoleh Prabowo pada Pilpres sebelumnya.

"Tetapi secara leading nya, Anies akan bisa lebih unggul dari Prabowo walaupun persentase tipis," jelasnya.

Sementara, terkait kunjungan Anies Baswedan ke Sumbar, menurut Asrinaldi hanya perlu mendatangi Sumbar satu kali lagi.

"Kunjungan Anies ke Sumbar tentunya perlu, tetapi saya rasa cukup satu kali lagi saja menjelaskan Pilpres 2024, untuk membangun kepercayaan pemilihnya di Sumbar dan memastikan ia akan leading di sini," pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul Guru Besar Unand Nilai Anies Baswedan akan Ungguli Prabowo di Sumbar pada Pilpres 2024 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat