androidvodic.com

Sambut Hari Jamu Nasional, Ribuan Porsi Jamu Dibagikan di Alkid Yogyakarta - News

News - Ribuan porsi jamu dibagikan dalam rangka Hari Jamu Nasional di kawasan Alun-alun Kidul, Yogyakarta, Sabtu (27/5/2023).

Kegiatan bagi-bagi ribuan porsi jamu tersebut sekaligus bertepatan dengan Hari Jamu Nasional yang diperingati tiap 27 Mei.

Teguh Adhi Nugroho, Ketua Panitia Acara Hari Jamu Nasional mengatakan, acara bagi-bagi jamu ini diselenggarakan untuk mendekatkan masyarakat dengan jamu.

Diketahui, ada dua ribu porsi jamu yang dibagikan ke masyarakat.

Melalui event tersebut, pihaknya juga ingin mengampanyekan, bahwa jamu adalah komoditas lokal yang aman dan sehat untuk dikonsumsi.

"Kami berharap, jamu dengan bahan rempah lokal ini bukan sekadar alternatif untuk pengobatan saja. Tapi, jadi pilihan utama untuk pencegahan," urai Teguh.

Baca juga: Kerja Sama dengan KemenkopUKM, Perusahaan Jamu Ini Gandeng UMKM Pemasok Lempuyang di Bondowoso

Ia menjelaskan, di wilayah DI Yogyakarta, sejauh ini terdapat 45 usaha kecil obat tradisional, yang sudah terdaftar di asosiasi gabungan pengusaha jamu DIY.

Meski pengobatan modern terus berkembang masif, lanjutnya, industri ini tetap tumbuh karena minat masyarakat terhadap jamu cenderung tinggi.

"Keberadaan jamu sekarang semakin diminati warga masyarakat. Industri jamu di DIY yang sudah terdaftar di BPOM itu banyak sekali, karena peminatnya di Yogyakarta memang cukup besar," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Jamu Indonesia, Prof Nyoman Kertia, mengatakan, bahwa jamu bisa menjadi pencegah dari segala macam penyakit.

Hanya saja, dirinya pun tidak menampik, dunia modern seringkali menganggap jamu sebagai produk yang kurang aman.

"Padahal, jamu sangat efektif untuk pencegahan, kalau obat kimia tidak mungkin untuk pencegahan. Baru diminum ketika sakit itu, kan," terang Nyoman.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Hari Jamu Nasional, 2 Ribu Porsi Jamu Dibagikan Gratis di Alun-alun Selatan Jogja

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat