androidvodic.com

Tingkatkan Kemampuan, Tenaga Teknis BUMDes Terima Pelatihan Jaringan Internet - News

News, MALANG - Perwakilan tenaga teknis Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) wilayah kerja Surabaya menerima Pelatihan Jaringan Internet serta Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Pelatihan teknis itu digelar Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (BAKTI Kominfo) Wilayah Kerja IV Surabaya di Malang, Jawa Timur, 3-9 September 2023.

Kepala Wilayah Kerja Surabaya, Taruna Perdana Adi, mengatakan pihaknya komitmen memfasilitasi dapat terwujudnya kemampuan desa menyelenggarakan layanan telekomunikasi dan informasi secara mandiri.

Sehingga para tenaga teknis mampu menjalankan mengelola potensi wilayahnya berbasis teknologi digital.

Penyelenggaraan pelatihan ditujukan guna meningkatkan kapasitas dan kemampuan staf BUMDes di Indonesia sehingga berpengaruh pada jasa pelayanan yang baik ke pelanggan dan mampu menarik minat masyarakat untuk memanfaatkan akses telekomunikasi dan informatika BUMDes.

Selain itu pula, pelatihan dirasa penting sebab dapat mendukung penyelenggaraan bisnis BUMDes secara aman dan baik sehingga tetap terus berkegiatan lancar maupun berkelanjutan.

Taruna mengungkapkan, BAKTI Kominfo terus bergerak membangun infrastruktur telekomunikasi dan ekosistem TIK yang bersinergi bersama kementerian dan lembaga pemerintah lainnya.

Salah satu realisasi kerja sama tersebut adalah dengan lembaga pemerintah tingkat BUMDes

“Perkembangan teknologi saat ini telah berkembang pesat dan kebutuhan masyarakat terhadap teknologi dalam peningkatan kualitas hidup juga turut menanjak dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lain-lain,” kata Taruna dalam keterangan tertulis, Rabu (20/9/2023).

Taruna mengemukakan BAKTI Kominfo juga melakukan kinerja pendampingan lainnya yang terdiri dari monitoring evaluasi, permasalahan dan kebutuhan BUMDes

“BAKTI Kominfo selalu ingin berusaha memberikan pelatihan-pelatihan lain yang sesuai dengan kebutuhan BUMDes sehingga dapat makin berkembang di masa depan,” ujar Taruna.

Taruna berharap BUMDes dapat lebih semakin mandiri dan mampu menjalankan bisnisnya di bidang telekomunikasi dan informasi yang bermutu.

Tak lupa pula Taruna mengingatkan mengenai pentingnya komitmen seluruh peserta pelatihan untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan diperoleh ke lingkungan kerja di BUMDes masing-masing.

“Peserta yang telah mendapatkan ilmu dalam pelatihan ini berkesempatan mengikuti ujian sertifikasi kemudian juga diimbau turut membangun BUMDes dalam bidang teknis ini paling tidak selama tiga tahun. Lalu bersedia menjadi agen informasi dan pengembangan kepada rekan-rekan di BUMDes lain yang belum mendapat pelatihan serupa,” ucap Taruna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat