androidvodic.com

Siswa SMP Diminta untuk Bersihkan Sampah di Pantai Padang, Pengamat: Program yang Bagus - News

News - Pantai Padang yang dipenuhi sampah direncanakan akan dibersihkan oleh seluruh siswa SMP di Kota Padang, Sumatera Barat.

Rencana sebut dikeluarkan oleh Wakil Wali Kota PAdang, ekos Albar.

Pengamat Pendidikan di Sumbar, Erianjoni pun menyambut positif rencana tersebut.

Ia mengatakan, program ini bagus untuk pendidikan lingkungan para siswa.

Serta partisipasi sosial generasi muda agar peduli lingkungan serta supaya mereka menyadari hakikat pentingnya pelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

Meskipun begitu, ia menilai perlu juga dipahami bahwa adakalanya sampah yang bertebaran dipantai ada juga yang berisiko dipungut dengan tangan.

"Misalnya pecahan kaca, barang-barang dari besi yang berkarat atau sampah-sampah yang mengandung senyawa kimia atau material yang berat berpotensi melukai anak-anak usia SMP," ujar Erianjoni, Jumat (3/11/2023).

Baca juga: Siswa SMP di Padang Dikerahkan untuk Bersihkan Sampah di Pantai, Ini Kata Wakil Wali Kota

Ia menambahkan siswa SMP dimobilisasi oleh pemerintah. Artinya kalau gerakan ini hanya sebuah mobilisasi untuk siswa setingkat SMP tidak akan efektif.

Menurutnya, program membersihkan pantai harus dibarengi dengan program edukasi yang menumbuhkan kesadaran terhadap gerakan kebersihan seperti di pantai.

Diberitakan sebelumnya, Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar mengaku akan mengerahkan seluruh siswa SMP untuk membersihkan objek wisata pantai Padang

"Kita akan arahkan seluruh siswa SMP membersihkan Pantai Padang dari sampah yang berserakan," terang Ekos Albar, Kamis (2/11/2023).

Pantai Padang merupakan ikon pariwisata Kota Padang. Pantai ini sudah disulap Pemko Padang sejak beberapa waktu belakangan, menjadi tempat yang nyaman untuk dikunjungi.

Ekos Albar menginginkan warganya mempunyai rasa memiliki dan kepedulian yang tinggi terhadap objek wisata tersebut.

Ia bilang nantinya setiap SMP negeri dan swasta digilir sekali sepekan untuk membersihkan pantai, setiap hari Sabtu atau Minggu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat