androidvodic.com

TNBTS Perkirakan Lokasi Pesawat TNI AU Jatuh Berada di Lahan Pertanian - News

News, MALANG -  Pesawat TNI AU yang jatuh di lereng Gunung Bromo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, diperkirakan pukul 11.20 WIB.

Informasi tersebut disampaikan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Hendra Wisantara.

"Betul memang ada pesawat jatuh," ujar Hendra dalam pesan singkat kepada jurnalis, Kamis, (16/11/2023).

Baca juga: Lokasi Jatuhnya Pesawat TNI AU di Pasuruan Jauh dari Permukiman Warga

Hendra menyatakan, lokasi pasti jatuhnya pesawat masih diupayakan konfirmasi. Perkiraan sementara ada di lahan pertanian yang berbatasan dengan kawasan BBTNBTS.

"Untuk memastikan kami masih menggali informasi. Informasi pertama kira-kira pukul 11.20. Untuk informasi awal satu pesawat," ujarnya.

Di media sosial, berseliweran pesan video yang menggambarkan adanya kecelakaan pesawat di ladang milik warga. Pesawat tersebut diduga kuat milik TNI AU.

Hingga berita ini ditayangkan, belum ada keterangan resmi dari pihak TNI AU terkait insiden tersebut. 

Informasi beredar dimana pesawat tempur TNI mengalami kecelakaan di Desa Keduwung, kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Kamis (16/11/2023).

Informasi ini berupa 3 video berdurasi sekitar 8 detik yang menampilkan bangkai pesawat militer di sebuah lahan.

Informasi video ini disertai narasi pesawat tempur latihan jatuh setelah menabrak tebing di utara area pegunungan Tengger, Desa Keduwung, kecamatan Puspo, Pasuruan.

Hingga kini belum diketahui kronologi lengkap insiden ini. 

Mengenai hal ini, jurnalis Tribun jatim Network masih mencari informasi lengkap mengenai insiden ini, termasuk mengkonfirmasi kebenarannya.

Baca juga: Pesawat TNI AU Jatuh di Gunung Bromo, BPBD Kabupaten Pasuruan Sebut Ada Korban Tewas

Sedangkan jika dilihat dalam video, di bangkai pesawat terlihat tail number TT-3103 di bawah gambar bendera Merah Putih. Selain itu juga terlihat ada tulisan TNI di bodi pesawat tersebut.

Bila merujuk dari laman TNI AU, pesawat dengan tail number TT-3103 ini adalah pesawat tempur taktis Super Tucano buatan Brasill.

Pesawat tempur ini didatangkan pada 2012 dan 2013 silam di pangkalan TNI AU Abdul Rahman Saleh, Malang.

Penulis: Benni Indo

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Update Pesawat TNI Jatuh di Pasuruan, Pihak TNBTS Sebut Diperkirakan Jatuh Pada Pukul 11.20 WIB

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat