androidvodic.com

Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat Periksa Bus Pariwisata di Lembang - News

News - Petugas dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat periksa sejumlah bus pariwisata saat momen libur Natal, Minggu (24/12/2023).

Petugas memeriksa bus yang membawa wisatawan ke objek wisata Floating Market Lembang.

Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan bus pariwisata tidak alami masalah, agar keselamatan penumpang tetap terjamin.

Kepala Dinas Perhubungan KBB, Fauzan Azima mengatakan, pemeriksaan bus pariwisata itu meliputi semua persyaratan teknis kelaikan jalan, seperti sistem pengereman, ban, dan lampu termasuk kelengkapan surat administrasi.

"Alhamdulillah beberapa bus yang kita periksa sudah memenuhi persyaratan teknis laik jalan. Cuma ada administratif yang kurang karena tidak dibawa," ujar Fauzan saat ditemui di Lembang, Minggu (24/12/2023).

Atas hal tersebut, kata dia, bus yang tidak dilengkapi dengan surat administrasi tersebut para pengemudinya langsung dilakukan penindakan oleh aparat kepolisian.

Baca juga: Ani Kena Macet Horor Saat Mudik Liburan Natal ke Bumiayu: Perjalanan 12 Jam Baru Sampai Songgom

"Jadi nanti para pengemudi maupun operatornya harus menyiapkan dokumen perjalanan dan memperhatikan kelaikan kendaraannya agar wisatawan aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan," katanya.

Ia mengatakan, pemeriksaan tersebut dalam rangka untuk mengantisipasi kecelakaan selama momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) karena pergerakan masyarakat yang menggunakan bus saat berwisata meningkat.

Selain pemeriksaan bus pariwisata, pihaknya memeriksa sejumlah mobil pribadi, tetapi Fauzan belum merinci jumlah kendaraan yang diperiksa maupun yang tidak laik jalan karena proses pemeriksaan dilakukan hingga sore hari.

"Dengan pemeriksaan ini faktor keselamatan bisa kita antisipasi pada momen Natal tahun ini, jadi kendaraan ini diperiksa oleh penguji yang kompeten, kalau laik jalan masih bisa melakukan perjalanan selanjutnya," ucap Fauzan.

Ia mengatakan, pada momen libur Natal ini pihaknya juga melakukan uji emisi bagi kendaraan pribadi yang datang ke objek wisata agar para pengendara bisa memahami akan pentingnya persyaratan teknis laik jalan.

"Sebetulnya untuk uji emisi ini sudah berlangsung, cuma kita tambahkan pengecekan yang lainnya," ujarnya.

"Intinya ini demi keselamatan karena kita harapkan semua yang liburan saat libur Nataru selamat dalam perjalanan," katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Petugas Temukan Bus Pariwisata Tak Dilengkapi Dokumen Ini Saat Angkut Wisatawan ke Lembang KBB

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat