androidvodic.com

Grobogan Dilanda Banjir, Akses Jalan ke Semarang Terputus, 5 Perjalanan Kereta Api Ditunda - News

News - Hujan deras sejak Senin (5/2/2024) pukul 04.00 WIB hingga 22.00 WIB mengakibatkan wilayah Grobogan, Jawa Tengah tergenang banjir, Selasa (6/2/2024).

Banjir mengakibatkan akses jalan Semarang-Purwodadi terputus.

Selain itu, perjalanan kereta api yang melintasi Grobogan terganggu.

Kabid Kedaruratan BPBD Jateng, Muhamad Chomsul mengatakan ada 11 kecamatan di Grobogan dilanda banjir dengan ketinggian bervariasi.

"Jalan raya Purwodadi - Gubug tepatnya di barat jembatan mengalami limpasan dan arus lalu lintas terputus," paparnya, Selasa, dikutip dari TribunJateng.com.

Menurutnya banjir yang melanda Grobogan diakibatkan meluapnya Sungai Tuntang.

"Kiriman air dari hulu sungai Lusi, Sungai Serang dan Sungai Tuntang yang mengakibatkan sungai tidak mampu menampung debit air sehingga menyebabkan meluap dan banjir di beberapa wilayah," lanjutnya.

Banjir di sejumlah kecamatan perlahan berangsur surut, namun masih ada beberapa dusun yang terendam banjir.

"Dusun Ngrampalan, Dusun Selo Krajan, Dusun Pulo, Dusun Kauman, Dusun Ngloco kondisi saat ini masih bertambah naik," jelasnya.

Sementara itu, Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyatakan ada lima perjalanan kereta api yang terganggu akibat luapan banjir yakni KA penumpang no 185 Blambangan ekspres, KA Barang 2527, KA Parcel 284, KA penumpang no 227 Blora jaya dan KA Barang 2519.

"Update pukul 07.30, untuk sementara Jalur KA di lokasi tersebut tidak bisa dilewati oleh Kereta Api," bebernya.

Baca juga: Rel di Ruas Stasiun Gubug dan Karangjati Terendam Banjir, Kereta Tidak Bisa Melintas

Tim dari KAI Daop 4 Semarang sedang berada di titik yang terendam banjir untuk memperbaiki jalur kereta.

"KAI Daop 4 Semarang segera melakukan upaya perbaikan jalur rel di lokasi tersebut dengan mengerahkan petugas prasarana dan menyiapkan material di lokasi yang terendam banjir tersebut," ucapnya.

Franoto Wibowo mewakili KAI meminta maaf kepada para pelanggan yang perjalanannya terganggu akibat banjir.

"Kami memohon maaf kepada pelanggan KA atas ketidaknyamanan akibat keterlambatan KA menuju maupun dari stasiun-stasiun wilayah Daop 4 Semarang."

"KAI juga memberikan Service Recovery (SR) berupa minuman, makanan ringan dan berat kepada pelanggan KA yang mengalami kelambatan akibat banjir," pungkasnya.

Sebagian artikel telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Banjir Putus Jalan Semarang-Purwodadi dan Lumpuhkan Jalur KAI, Ini Wilayah yang Airnya Masih Tinggi

(News/Mohay) (TribunJateng.com/Agus Salim Irsyadullah)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat