androidvodic.com

Kepala BNPB dan Mbak Ita Periksa Kesiapan Teknologi Modifikasi Cuaca di Kota Semarang - News

News - Segala upaya penanganan banjir di Jawa Tengah terus dilakukan oleh pemerintah, termasuk penggunaan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC). Operasi TMC ini akan berlangsung selama lima hari dimulai dari Jumat (15/3/2024) hingga Rabu (20/3/2024) lusa.

Teknologi Modifikasi Cuaca dilakukan lewat udara dengan menaburkan bahan semai melalui pesawat. Kegiatan ini diperiksa langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto dan Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu.

"Hari ini saya dan Ibu Wali Kota Semarang ada di Lapangan Penerbangan Jenderal Ahmad Yani. Kami sedang melihat dan mengecek kesiapan dari kegiatan teknologi modifikasi cuaca," ujar Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, Senin (18/3/2024).

Menurutnya, TMC ini dilakukan untuk mengurangi turunnya hujan, sehingga operasi penanggulangan bencana banjir di seluruh Jawa Tengah bisa berjalan efektif dan efisien.

"Operasi teknologi modifikasi cuaca ini sudah digelar selama tiga hari, mulai tanggal 16, 17, dan 18 Maret 2024," kata Kepala BNPB.

Setiap hari, lanjutnya, pesawat terbang tiga kali atau tiga sorti diberangkatkan. Setiap satu sorti membawa bahan semai yang disebar sebanyak satu ton.

"Jadi satu hari 3 ton, 3 hari ini sudah 9 ton. Hasilnya beberapa hari khususnya di pagi dan siang hari ini tidak ada hujan. Memang tadi malam di Kota Semarang masih ada hujan tapi masih terkendali," imbuh dia.

Baca juga: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Semarang Mulai Surut, Mbak Ita: Semua Pihak Perlu Tetap Siaga

Suharyanto menyebut, operasi TMC pada tahap awal ini akan berlangsung selama lima hari. Meski demikian, pihaknya tetap memantau kondisi cuaca dan terus berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

"Hari ini juga ada rapat koordinasi di kantor Gubernur dengan Kepala BMKG juga. Kita akan koordinasi apakah masih harus diperpanjang (TMC) nya atau dialihkan ke kota lain," jelas Suharyanto.

Dirinya mengaku jika Teknologi Modifikasi Cuaca ini sangat berharga dan bisa diterapkan baik ketika ada musim hujan maupun ketika terjadi kekeringan.

"Sifatnya, kalau musim hujan seperti ini, mengurangi dan mengalihkan turunnya hujan. Namun saat musim panas dan kekeringan itu TMC untuk mendatangkan hujan," jelasnya.

Kepala BNPB menjelaskan, penggunaan bahan semai untuk rekayasa cuaca, selama ini tidak ada efek samping. "Tapi tentu saja kita tidak bisa mengatur alam secara terus menerus, jadi ini pun dilakukan ketika diperlukan. Dengan TMC, sekarang hujan di Kota Semarang bisa dikurangi, tapi di belahan kota lain hujan kan dibutuhkan. Jadi harus dipertimbangkan secara matang, makanya BNPB selalu berkoordinasi dengan BMKG," terangnya.

Sementara Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, dirinya mewakili Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyampaikan terima kasih kepada kepala BNPB, BMKG dan jajaran yang mensupport saat terjadinya banjir di Ibu Kota Jawa Tengah.

Baca juga: Percepat Penanganan Banjir, Pemkot Semarang Gandeng BBWS Pemali Juana Bersihkan Saluran dari Sampah

"Teknologi Modifikasi Cuaca ini berlangsung selama lima hari operasi, yang dimulai sejak Jumat hingga Rabu. Namun Pak Kepala BNPB tadi mengatakan jika masih dibutuhkan (operasi TMC) lagi maka akan berkoordinasi dengan BMKG. Tentunya kami berharap dengan adanya TMC Kota Semarang semakin berkurang intensitas hujannya dan tidak tinggi lagi," terang Mbak Ita, sapaannya.

Mbak Ita mengakui jika TMC sangat membantu. Hal ini karena prediksi BMKG selama satu pekan ini terjadi cuaca ekstrem. Tetapi dengan adanya teknologi modifikasi cuaca ini hujan bisa dikurangi.

"Kita lihat, pagi sampai sore tidak terjadi hujan, tinggal malam hari. Dengan berkurangnya intensitas hujan, penanganan pasca banjir bisa berjalan secara maksimal," kata Mbak Ita.

"Alhamdulillah banjir Kota Semarang bisa berangsur surut, tinggal di wilayah Genuk yang merupakan titik bertemunya air yang bermuara di situ. Sehingga upayanya dengan penambahan mobil pompa untuk mempercepat pengurasan atau penyurutan air," paparnya.

Baca juga: Banjir di Sejumlah Titik di Kota Semarang Mulai Surut, Mbak Ita: Semua Pihak Perlu Tetap Siaga

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat