androidvodic.com

Kemacetan Parah Terjadi di Jalur Lingkar Gentong Tasikmalaya Pagi Tadi, Polisi Ungkap Penyebabnya - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Antrian kendaraan terlihat mengular di Jalur Lingkar Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat pada Minggu (14/4/2024) pagi tadi.

Dari video yang diunggah akun Instagram @tasikasik.id terlihat rekaman video dari dalam salah satu mobil yang memperlihakan sejumlah kendaraan berhenti karena kemacetan tersebut.

Baca juga: Pemudik asal Bandung Meninggal Dunia Saat hendak Beristiahat di Lingkar Gentong Tasikmalaya

"Update arus balik! Jalur lingkar gentong macet total pagi ini," tulis akun tersebut seperti dikutip.

Terkait itu, pihak kepolisian mengungkap penyebab kemacetan tersebut. Hal ini karena meningkatnya volume kendaraan di jalur tersebut.

“Kepadatan dipicu intensitas kendaraan (volume kendaraan) yang cukup banyak,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Komges Jules Abraham Abast saat dihubungi Minggu (14/4/2024).

Disamping pengendara para pemudik yang hendak balik ke kota asalnya. Tingginya volume kendaraan juga dipicu banyaknya juga wisatawan dan mobilitas aktivitas warga lokal.

“Banyak wisatawan ke Pangandaran atau tempat wisata lainnya sehingga menambah kepadatan arus lalu lintas dua arah. Disamping itu juga dipengaruhi aktivitas warga lokal,” ucapnya.

Jules mengatakan volume kendaraan sudah berhasil diurai oleh petugas di lapangan dan berstatus ramai lancar.

Namun, dia memperkirakan angka volume kendaraan di Jalur Gentong, Tasikmalaya akan kembali naik saat sore ke malam nanti.

“Untuk kondisi di pagi hari hingga siang sudah terurai. Namun karena masih suasana libur sehingga cenderung ramai namun lancar. Biasanya kepadatan terjadi di sore hari menjelang maghrib hingga malam hari,” tuturnya.

Guna meniminalisir kemacetan yang terjadi, kepolisian pun telah menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus, sebagai berikut;

- Pengalihan arus dari Ciamis diarahkan ke wilayah Garut via Kota Tasik - Singaparna (melalui Karangresik - jalan Lingkar - Linggajaya - Subgaparna)

- Pengalihan arus dari jalur Rajapolah - Ciawi melalui Jalan Cisinga - Singaparna - Garut

- Melakukan One Way dengan koordinasi antar Polres yaitu Polres Tasikmalaya dgn Polres Garut di wilayah Malangbong

- Dan telah mempersiapkan Tim Ganjel di sekitar tanjakan Gentong untuk antisipasi kendaraan mogok yg menghambat arus lalu lintas

- Melibatkan Tim Urai Satlantas, yang mobile mengatur oneway dan menghindari pelambungan kendaraan saat buka tutup.

https://www.instagram.com/reel/C5uAjZuBNFq/?igsh=MXNycmxxcjRuaGl5eQ==

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat