androidvodic.com

BPKH Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar, Tegaskan Tak Pakai Dana Setoran Jemaah Haji - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyalurkan bantuan tanggap bencana kepada korban banjir dan air bah yang menerjang Nagari III Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.

Bantuan awal berupa 200 kaleng daging olahan siap saji diserahkan di rumah tahfiz Al Qur'an Sarumpun Jaya Sakato, Sabtu (11/5/2024).

Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander mengatakan informasi terbaru yang didapat, bencana banjir berdampak pada 62 rumah warga.

"Insya Allah bantuan awal ini merupakan respon cepat BPKH diharapkan meringankan saudara-saudara kita yang menjadi korban bencana alam. Update terakhir yang kami dapat, banjir telah berdampak pada 62 rumah warga," kata Harry dalam keterangannya, Minggu (13/5/2024).

Baca juga: Banjir Lahar Dingin Tanah Datar Sumatera Barat, Korban Tewas Jadi 13 Orang

Harry menyampaikan bantuan bagi korban banjir Tanah Datar merupakan bagian dari Program Kemaslahatan BPKH.

Adapun dalam pelaksanaannya, program ini tidak menggunakan dana yang disetor calon jemaah haji.

Harry berharap nilai manfaat Dana Abadi Umat dapat semakin dirasakan oleh masyarakat luas dan program kemanusiaan, termasuk korban bencana di seluruh Indonesia.

"Bantuan ini diambil dari nilai manfaat Dana Abadi Umat, jadi saya pastikan tidak ada uang jemaah yang terpakai,” jelas dia.

Sebelum di Tanah Datar, BPKH juga menyalurkan bantuan ke sejumlah daerah yang mengalami bencana alam, mulai dari Kota Padang, Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Solok, Kota Payakumbuh, Kabupaten Agam, dan Kabupaten Lima Puluh Kota di Sumatra Barat, serta provinsi lainnya seperti Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Jawa barat.

"BPKH akan terus memberikan dukungan bagi warga yang terdampak bencana, karena Rasulullah mengumpamakan umat Islam itu seperti satu tubuh, apabila ada salah satu anggota tubuh yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan ikut merasakan. Semoga ini menjadi berkah bagi umat," ujarnya.

Baca juga: Jalan Padang-Bukittinggi Terputus di Batang Anai Imbas Banjir Lahar Dingin, Ini Jalur Alternatifnya

Dalam kesempatan itu, turut hadir Camat Rambatan Roza Melfita, Wali Nagari III Koto Willy Adha, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Tanah Datar Doni, Kabid Dinas Sosial Tanah Datar Suci, dan Kepala Rumah Zakat Kota Padang, Indra.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat