androidvodic.com

4 Santri di Bantul Terkena Ledakan Petasan, 1 Korban Luka Serius dan Dirujuk ke RSUP Dr Sardjito - News

News - Ledakan petasan terjadi di halaman sebuah pondok pesantren (ponpes) di Kapanewon Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Akibat ledakan ini, seorang pelajar berinisial DARK (14) asal Riau dirujuk ke RSUP Dr Sardjito.

Kasi Humas Polres Bantul , AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana, mengatakan, luka yang dialami korban cukup parah.

"Usai petasan meledak, DARK mengalami luka pada tangan sebelah kanan (jari hancur/ hilang) serta luka sobek pada wajah sekitar mata kanan," paparnya, Rabu (19/6/2024).

Sementara itu, tiga rekan korban lainnya yakni AHK (15), asal Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul ; MHA (15), asal Pasuruan, Jawa Timur; FA (13), asal Gembong Pati, Jawa Tengah; sudah tidak berada di RSUD Saras Adyatma Bambanglipuro.

Lanjut dia, tiga orang tersebut ada yang sudah pulang ke rumah dan ada pula yang dibawa kembali ke pondok pesantren.

Diberitakan sebelumnya, empat orang laki-laki mengalami luka dikarenakan ledakan petasan sekitar pukul 16.45 WIB.

"Usai kejadian itu, kondisi AHK dan MHA mengalami luka sobek pada kaki kanan, FA mengalami luka bakar pada rambut dan muka," jelas Jeffry.

Empat orang yang terkena ledakan tersebut sempat dilarikan ke RSUD Saras Adyatma Bambanglipuro untuk mendapatkan penanganan.

Terkait kronologi kejadian, kata Jeffry, berawal saat FA menemukan petasan di jalan lalu dibawa ke tempat kejadian perkara bersama dengan AHK.

"Lalu, petasan itu dinyalakan menggunakan kertas dan api oleh DARK yang kemudian terjadi ledakan dan membuat empat orang tersebut luka-luka," bebernya.

Baca juga: Kecerobohan Remaja di Ponorogo, Buka Bahan Petasan Sambil Merokok, Alami Luka Bakar di Wajah

Usai mendapatkan laporan itu, pihak Polsek setempat bersama Polres Bantul dan Gegana Sat Brimob Polda DIY berusaha melakukan sterilisasi.

Pihaknya pun melakukan pemeriksaan tempat kejadian perkara dan sekitarnya.

"Hingga kini, Polres Bantul masih mendalami dan menyelidiki kasus ledakan, memeriksa para saksi dan koordinasi dengan gegana," tutup dia.

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Pasca Ledakan Petasan, Seorang Pelajar Dirujuk ke RSUP Dr Sardjito

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat