androidvodic.com

Pemuda Aceh Dapat Kesempatan Presentasikan Karya Desain di Pelatihan Fashion Designer Amanah - News

News, JAKARTA - Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH), menggelar tahap pembinaan lanjutan kepada 11 orang anak muda yang terpilih mengikuti program AMANAH Fashion Designer. 

Para peserta program AMANAH Fashion Designer mempresentasikan satu di antara dari sembilan desain yang telah mereka persiapkan sebelumnya, kepada para mentor melalui platform daring dari Sekretariat AMANAH, Banda Aceh

Sebelumnya, para peserta sendiri telah mengikuti berbagai kegiatan, termasuk mentoring intensif, hunting kain bersama mentor, serta kunjungan ke pengrajin tenun, batik, dan bordir. 

Dalam sesi presentasi ini, setiap peserta memperkenalkan desain mereka kepada mentor dari Indonesian Fashion Chamber (IFC), seperti Ali Charisma, Taruna Kusmaryuda, Riri Rengganis, dan Aldrie Indrayana yang mengikuti sesi ini secara online dari Jakarta.

Setiap peserta memperkenalkan desain mereka masing-masing mulai dari pemilihan bahan, teknik hingga strategi padu padan warna pun dijelaskan.

“Jadi ini jait sendiri, pakai teknik tailoring tipis-tipis, terus pakai sashiko juga terus ada patchwork-patchwork dirangkai gitu kecil-kecil dari kain perca, dan ada bordirannya juga,” kata Muchlisin (21), seorang peserta pelatihan, dalam keterangannya, Minggu (23/6/2024).

Para peserta lainnya, Asmayanti (27) dan Azzahra Fadhilah Yartsya (22), juga mengatakan hal yang sama.

Mereka mengungkapkan rasa bahagia dan terima kasih mereka kepada AMANAH karena dapat terpilih mengikuti program ini. 

“Perasaan saya sangat bhagaia, bisa mendapatkan kesempatan seperti ini. Jarang di Aceh bisa ikut acara seperti ini. Jadi kesempatan ini luar biasa," ucap Asmayanti. 

Program ini tidak hanya membantu para peserta mengembangkan keterampilan kreatif mereka, tetapi juga mempertemukan mereka dengan para profesional terkemuka di industri mode tanah air. 

Diharapkan, pengalaman ini akan menjadi penyemangat dalam karir mereka dan memberikan kontribusi positif bagi industri fashion di Aceh secara keseluruhan. 

Untuk diketahui, Pembangunan Youth Creative Hub Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) untuk memfasilitasi pengembangan segala potensi yang ada di Aceh, baik sumber daya manusia (SDM), maupun sumber daya alam (SDA). 

Hal itu dikelola untuk kemajuan Indonesia, khususnya rakyat Aceh. Gedung AMANAH ini pertama kali ada di Aceh. Dibangun di atas tanah seluas 5 hektare dengan bangunan seluas 1,9 hektare. 

AMANAH tak hanya sekadar bangunan fisik, melainkan menjadi wadah bagi anak muda Aceh untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya. Diharapkan dengan berbagai fasilitas dan program, AMANAH dapat menjadi katalisator bagi kemajuan di berbagai sektor, seperti perkebunan, pertanian, perikanan, termasuk teknologi, pengembangan UMKM. hingga olaharaga. 

Adapun 9 fungsi AMANAH antara lain, yaitu pusat kreatifitas berbasis Aceh, pelatihan dan workhshop, inkubator UMKM, ruang kolaborasi, galeri seni dan pameran, sentra teknologi, program kreatif berbasis lingkungan, kegiatan budaya dan seni, hingga kemitraan dan jaringan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat