androidvodic.com

Ibu Rumah Tangga di Sumut Lapor Tertipu Rp4 Miliar oleh Oknum TNI, Ini Penjelasan Kapendam I/BB - News

News, MEDAN- Kodam I Bukit Barisan buka suara terkait laporan Lestina Barus terhadap oknum anggota TNI Praka RL.

Lestina mengaku menjadi korban dugaan penipuan modus masuk Akademi Kepolisian (Akpol) dan calon perwira TNI prajurit karir.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) I Bukit Barisan Kolonel Inf Rico Siagian mengatakan laporan itu merupakan  ranah Pomdam IV/Diponegoro karena locus delicti (tempat kejadian) di Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: Ibu Rumah Tangga di Sumut Tertipu Rp4 Miliar Modus Anak Masuk Akpol dan TNI, Ini Kronologisnya

"Karena locus delicti-nya di Magelang, jadi laporan dilimpahkan dan ditangani oleh Pomdam IV Diponegoro. Maka pemeriksaan terkait Praka RL dilakukan pihak Pomdam IV,"ujar Kolonel Inf Rico Siagian dikutip dari Tribun Medan, Kamis (28/6/2024).

Praka RL diduga merupakan oknum anggota TNI yang sebelumnya berdinas di Denma TNI.

Tertipu Rp4 Miliar

Diberitakan sebelumnya, Lestina Barus melaporkan kasus dugaan penipuan yang terlapor Juliana Purba (JB) dan Praka RL.

Dugaan penipuan ini sudah dilaporkan ke Polda Sumut dengan tanda laporan STTLP/B/1363/XI/2023/SPKT/POLDA SUMUT tanggal 13 November 2023 lalu.

Kemudian, Lestina Barus juga melaporkan ke Pomdam I Bukit Barisan dengan tanda laporan, LP/03/XII/2023 tanggal 28 Desember 2023.

 Total kerugian Lestina mencapai Rp4 Miliar dengan rincian Rp 3 miliar untuk satu orang anaknya daftar menjadi calon taruna akademi kepolisian (Akpol) dan Rp1 miliar untuk dua anaknya daftar Sekolah Perwira Prajurit Karier TNI.

Adapun ketiga anaknya yang akan didaftarkannya ke taruna Akpol dan perwira TNI prajurit karir.

Lestina Barus mengungkap, terduga pelaku yang menipunya ialah bernama Praka RL. Namun demikian, yang memperkenalkan Lestina Barus dengan Praka RL seorang perempuan bernama Juliana Purba, disebut-sebut istri perwira pertama di Polda Sumut, diduga bertugas di Polres Karo.

Baca juga: Tukang Bubur di Cirebon Rugi Ratusan Juta Usai Ditipu Oknum Polisi, Anaknya Dijanjikan Masuk Polri

"Tapi yang menjembatani saya ke TNI ada perempuan ini, namanya Juliana Purba, dia yang mengenalkan saya dengan Prak Rasidin Lembeng (Praka RL) ini, dan dia yang mengatakan sama saya bahwa anaknya lulus masuk Akpol melalui jalur sisipan,"kata Lestina Barus, diwawancarai wartawan di Polda Sumut, Selasa (25/6/2024).

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Kapendam I/BB Kolonel Inf Rico Siagian Angkat Bicara soal Laporan Lestina Barus ke Praka RL

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat