androidvodic.com

Timnas Voli Indonesia Bisa Contoh Thailand, Habiskan Rp43 Miliar demi Bersaing di Kelas Dunia - News

News - Thailand menjadi representasi perkembangan bola voli paling maju di kawasan Asia Tenggara, sekalipun Timnas voli Indonesia menunjukkan geliat tren positif.

Akan tetapi PBVSI selaku Induk Organisasi Bola Voli Indonesia bisa belajar dari TVA (Thailand Volleyball Association) bagaimana membangun sebuah tim yang mampu bersaing di kelas dunia.

TVA terbaru merinci dana pengeluaran yang dihabiskan setiap tahunnya demi menggembleng skuadnya baik sekotor putra dan putri demi bisa bersaing di event dunia.

Baca juga: Daftar Skuad Timnas Voli Indonesia Tanpa Rivan Nurmulki, Kapten Baru di AVC Championship 2023

Diwartakan media Thailand Siam Sport, TVA merinci dalam setahun mereka memiliki budget mencapai Rp43 miliar.

"Asosiasi Bola Voli Thailand (TVA) menyelenggarakan banyak turnamen nasional dari U12 ke U18, 340 hari per tahun, dan mengirimkan beberapa tim untuk bersaing secara internasional," bunyi pernyataan Siam Sport.

"TVA menghabiskan anggaran mencapai 2,86 juta dollar untuk per tahunnya."

Menariknya, TVA tidak hanya fokus kepada tim senior saja untuk diberikan akses bersaing ke kejuaraan Internasional.

Bahkan sejak kelompok usia 12 tahun, TVA sudah memiliki wadah yang diberikan untuk para pemainnya berkompetisi. Walhasil, ketika ada event kejuaraan dunia di berbagai kelompok umur, Thailand nyaris tak pernah absen untuk ambil bagian.

Di kelompok umur, bukan hasil atau prestasi yang diutamakan oleh TVA. Melainkan bagaimana sejak usia dini, para generasi mudanya diberikan jam terbang dan pengalaman bagaimana berkompetisi di event berskala Internasional.

Ini yang kemudian diharapkan bisa diaplikasikan PBVSI ke Timnas voli Indonesia.

Timnas Voli Putri Thailand berlaga di VNL 2023
Timnas Voli Putri Thailand berlaga di VNL 2023 (volleyballworld.com)

Faktanya, tanpa kehadiran sistem yang dalam tanda kutip jelas untuk kelompok umur, perkembangan bola voli Indonesia terbilang minim.

Hanya saja di level senior, Timnas voli Indonesia untuk sektor putra dan putri mampu bersaing, namun dalam lingkup ASEAN saja.

Berbeda dengan Thailand.

Tim voli putri Thailand menjadi tim Asia Tenggara dengan ranking dunia tertinggi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat