androidvodic.com

Indonesia Vs Singapura Leg Kedua, Tim Singa Ogah Main Terbuka, Shin Tae-yong Pakai Skema Berbeda - News

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Mantan pelatih PSIS Semarang, Imran Nahumarury memberikan analisis permainan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong yang kini tengah berjuang di Piala AFF 2020.

Menurut Imran, pelatih Shin Tae-yong bakal menerapkan skema permainan yang berbeda pada leg kedua semifinal kontra Singapura nanti.

Hal itu merujuk pada pola permainan Singapura yang justru bermain tertutup dan mengandalkan serangan balik cepat.

Baca juga: AFF Akui Timnas Indonesia Berhak Dapat Penalti, Apa Arti Skor 1-1 di Leg Kedua Lawan Singapura?

Zulfahmi Arifin (kiri) dari Singapura berebut bola dengan Ricky Richardo Kambuaya dari Indonesia pada pertandingan leg pertama semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di National Stadium di Singapura pada 22 Desember 2021. (Roslan RAHMAN / AFP)
Zulfahmi Arifin (kiri) dari Singapura berebut bola dengan Ricky Richardo Kambuaya dari Indonesia pada pertandingan leg pertama semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di National Stadium di Singapura pada 22 Desember 2021. (Roslan RAHMAN / AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Baca juga: Kecewanya Witan Sulaeman Meski Jadi Man of The Match, Timnas Indonesia Seharusnya Dapat Penalti?

“Saya pikir akan beda lagi, kita akan lebih terbuka permainannya malah Singapura yang tetap tidak main terbuka. Mereka hanya bermain counter attack. Kita melihat permainan mereka seperti itu, dan itu yang kita harus waspadai,” kata Imran saat dihubungi Tribunnews, Kamis (23/12/2021).

Mengenai kans lolos ke babak final Piala AFF 2020, eks pemain Timnas Indonesia itu mengatakan peluang skuat Garuda sangat besar.

Hanya, ia mengingatkan Evan Dimas dkk. harus lebih waspada dan fokus saat menghadapi Singapura yang mengandalkan serangan balik.

Baca juga: Sudah Diduga Shin Tae-yong, Hal Ini Jadi Faktor Timnas Indonesia Gagal Menang dari Singapura

Asnawi Mangkualam Bahar (kedua dari kiri) berusaha menguasai bola melewati pemain Singapura Faris Ramli (kedua dari kanan) dan Zulfahmi Arifin (kanan) pada leg pertama pertandingan semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura pada 22 Desember 2021. (Foto oleh Roslan RAHMAN/AFP)
Asnawi Mangkualam Bahar (kedua dari kiri) berusaha menguasai bola melewati pemain Singapura Faris Ramli (kedua dari kanan) dan Zulfahmi Arifin (kanan) pada leg pertama pertandingan semifinal sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Singapura dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura pada 22 Desember 2021. (Foto oleh Roslan RAHMAN/AFP) (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Baca juga: Shin Tae-yong Tegaskan Timnas Indonesia Main Keras Bukan Kasar dan Bikin Cedera Lawan

“Kalau kans ke final besar sekali. Mereka sudah tahu Singapura kekuatannya di counter attack, saya pikir peluang kita besar, yang terpenting para pemain itu konsentrasi. Itu fokus utama mereka karena konsentrasi jadi aspek utama yang harus dibenahi timnas kita,” kata Imran.

“Tapi secara keseluruhan tidak ada masalah, kalau kita lihat kan setiap pertandingan memang Shin Tae-yong menerapkan taktik yang berbeda,” sambungnya.

Lebih lanjut, Imran juga mengomentari adanya penilaian bahwa Shin Tae-yong belum bisa menemukan starting eleven yang tepat.

Baca juga: Wasit Tak Berikan Penalti Saat Ricky Kambuaya Tersungkur, Shin Tae-yong Beri Respons Bijak

Penyelamatan sambil terbang yang diperlihatkan kiper Timnas Indonesia, Nadeo Arga Winata kala menahan tembakan pemain Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2021).
Penyelamatan sambil terbang yang diperlihatkan kiper Timnas Indonesia, Nadeo Arga Winata kala menahan tembakan pemain Singapura pada leg pertama semifinal Piala AFF 2020, Rabu (22/12/2021). (Tangkapan layar laman resmi Vidio.com)

Baca juga: AFF Akui Timnas Indonesia Berhak Dapat Penalti, Apa Arti Skor 1-1 di Leg Kedua Lawan Singapura?

Menurut Imran, Shin Tae-yong bukan lah belum menemukan hanya saja pemain-pemain yang dipercaya turun sejak awal telah disesuaikan dengan strategi dan karakter dari tim lawan.

“Saya tidak setuju kalau ada yang bilang Shin Tae-yong belum bisa temukan line up 11 pemain, loh gimana tidak bisa temukan, semua pemain yang masuk timnas itu pemain  berkualitas semua harus siap, perkara yang main awal itu beda itu karena harus disesuaikan dengan karakter lawan,” jelas Imran.

“Ada kalanya pelatih dia tidak perlu main bagus, main indah dia hanya ingin dapat poin. Ingat ini kan turnamen,” pungkasnya.

Pertandingan semifinal leg kedua Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura akan kembali tersaji di Stadion Nasional Singapura, Sabtu (25/12/2021).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat