androidvodic.com

Bukan Cuma di Liga 1, Blunder Wasit Terjadi di Liga Inggris: Libatkan VAR, Ada Gol Arsenal ke MU - News

Bukan Cuma di Liga 1, Blunder Wasit Juga Terjadi di Liga Inggris: Libatkan VAR, Ada Gol Arsenal ke Gawang MU

News - Blunder wasit rupanya tidak hanya terjadi kompetisi sepakbola nasional, Liga 1.

Kompetisi sekelas Liga Inggris pun ternyata juga dihiasi oleh kesalahan pengambilan keputusan oleh sang pengadil di lapangan.

Sebuah laporan dari ESPN menyebut, blunder wasit ini malah melibatkan teknologi Video Assitant Referee (VAR), kecanggihan yang belum tersedia di Liga 1.

Baca juga: Liga 1 2022 Darurat Kualitas Wasit, Klub-Klub Mengaku Dirampok, Iwan Bule Perintahkan Hal Ini

Laporan tersebut menyebut setidaknya ada enam kesalahan yang justru terjadi saat ada intervensi VAR pada paruh pertama Liga Inggris musim 2022 sebelum jeda Piala Dunia 2022.

ESPN melansir, laporan dari sumber terpercaya mereka, mengatakan kesalahan dari VAR termasuk menganulir gol Arsenal ke gawang Manchester United di Old Trafford yang berakhir 3-1 untuk kemenangan tuan rumah.

Disebutkan, ditemukannya enam kesalahan wasit yang melibatkan VAR di Liga Inggris itu merupakan hasil analisis dari tim independen, yang terdiri dari tiga mantan pemain, satu perwakilan Liga Inggris, dan perwakilan dari Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) (Komisi wasit Liga Inggris).

Hasil assesment ini nantinya akan dilaporkan ke klub-klub Liga Inggris untuk menunjukkan kesalahan-kesalahan apa yang terjadi sepanjang paruh musim.

Baca juga: Deschamp Gebrak Meja, Kylian Mbappe Nyolot ke Rekan, Ini Situasi di Ruang Ganti Prancis Saat Final

Video assistant referee (VAR) akan membantu wasit di lapangan dalam memutuskan sesuatu yang tak terlihat.
Video assistant referee (VAR) akan membantu wasit di lapangan dalam memutuskan sesuatu yang tak terlihat. (FIFA.COM)

Penilaian kinerja wasit dan VAR di Liga Inggris ini menjadi bagian dari tugas Howard Webb, wasit ternama Liga inggris yang kini menjadi Kepala PGMOL, untuk meningkatkan standar wasit baik di lapangan maupun di ruang VAR.

Demi itu, tim VAR di sebuah pertandingan Liga Inggris akan bertambah. Ada seorang pakar khusus VAR, serta dua orang wasit VAR yang berkerja secara penuh.

Sebagai catatan, divisi VAR Liga Inggris berpusat di Stockley Park, wilayah perkantoran yang terletak di bagian barat London, Inggris.

Webb disebutkan berkomitmen untuk mengurangi jumlah kesalahan yang dilakukan di ruang VAR.

Hasilnya, dari 48 keputusan yang melibatkan VAR sepanjang paruh musim Liga Inggris 2022, ada enam blunder yang terjadi.

Sumber ESPN, dikutip Kamis, (22/12/2022), menyebut, blunder itu termasuk gol pilar Arsenal, Gabriel Martinelli ke gawang Manchester United yang membawa The Gunners unggul pada menit ke-12 di Old Trafford saat skor masih 0-0.

Gelandang Arsenal asal Brasil Gabriel Martinelli (tengah) melakukan tendangan untuk mencetak gol pembuka yang kemudian dianulir karena melakukan pelanggaran dalam pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester United dan Arsenal di Old Trafford di Manchester, barat laut Inggris, pada September 4, 2022.
Gelandang Arsenal asal Brasil Gabriel Martinelli (tengah) melakukan tendangan untuk mencetak gol pembuka yang kemudian dianulir karena melakukan pelanggaran dalam pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester United dan Arsenal di Old Trafford di Manchester, barat laut Inggris, pada September 4, 2022. (OLI SCARFF / AFP)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat