androidvodic.com

Riot Games Gugat Moontoon karena Mobile Legends Dianggap Jiplak LoL dan Wild Rift - News

News - Pencipta game League of Legends (LoL) dan Wild Rift, Riot Games menggugat developer asal China yang membuat game Mobile Legends, Moonton, ke Pengadilan Tinggi di Distrik California pada Senin (9/5/2022) atas tuduhan penjiplakan.

Sebelumnya, Riot Games juga sempat menggugat Moonton ke pengadilan yang sama pada tahun 2018 lalu.

Hanya saja, hakim federal menolak untuk melanjutkan gugatan tersebut lantaran Riot Games dapat menggugat Moonton ke China yang merupakan yuridiksi dari lokasi developer tersebut.

Dikutip dari Polygon, akhirnya induk perusahaan Riot Games di China, Tencent Holdings menggugat Moonton dan memenangkannya.

Hal ini membuat pihak Moonton harus membayar ganti rugi sebesar 2,9 juta dolar AS.

Baca juga: KODE Redeem FF Rabu, 11 Mei 2022, Simak Cara Klaim Kodenya Melalui reward.ff.garena.com

Baca juga: Apa Itu Minecraft? Game yang Disukai Anak-anak, Ini 3 Konten Minecraft dan Dampaknya

Kemudian, gugatan terbaru yang dilayangkan oleh Riot Games adalah tersedianya game Mobile Legends di region Amerika Utara di Google Play Store dan App Store dengan ranking ke 67 pada kategori game strategi.

“Meminta untuk menghentikan kampanye yang disengaja dengan menumpang hak cipta dari game League of Legends: Wild Rift dan konten yang serupa,” salah satu bunyi gugatan Riot Games.

Selain itu, gugatan dari Riot Games setelah melakukan komplain ke Google dan Mobile Legends telah dihapus dari Google Play Store, Moonton dengan sembunyi-sembunyi merilis Mobile Legends: Bang Bang.

Perubahan dengan menambahkan kata ‘Bang-Bang’ dianggap oleh Riot Gams hanya sebuah perubahan kecil dari Mobile Legends.

“Moonton juga telah mengupdate Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) untuk mengkopi banyak elemen dari Wild Rift, dan berlanjut yang mana seluruh elemen itu adalah hak intelektual dari Riot Games,” bunyi gugatan lain.

Kemudian, detail dari gugatan oleh Riot Games terhadap Moonton adalah terkait materi marketing atau pemasaran, desain karakter, dan juga menyematkan reaksi dari komunitas yang menuding Moonton telah mengkopi karya dari Riot Games.

Adapun total poin gugatan yang dilayangkan Riot Games adalah sebanyak 101 poin.

Ditambah, Riot Games juga menuntut ke pengadilan agar Moonton berhenti untuk mendistribusikan Mobile Legends di Amerika Serikat.

Terkait poin dari gugatan yang dilayangkan oleh Riot Games terhadap Moonton, berikut beberapa isi gugatan yang telah Tribunnews rangkum.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat