androidvodic.com

Nuon dan Searce Manfaatkan Google Cloud untuk Akselerasi Bisnis Industri Game - News

Laporan Wartawan News, Eko Sutriyanto

News, JAKARTA - Nuon Digital Indonesia mengandeng Searce mempercepat transformasi digital dan mengoptimalkan proses bisnis melalui migrasi ke Google Cloud untuk mendukung 125 juta pengguna aktifnya di Indonesia.

Searce membantu bisnis dalam mengembangkan masa depan dengan memanfaatkan Cloud, AI, dan Data Analytics.

"Kami membantu Nuon mentransformasi bisnisnya dan memajukan strategi digitalisasinya dengan peningkatan keamanan dan skalabilitas," kata Benedikta Satya, Country Director Searce di Indonesia saat penandatangan kerjasama di Jakarta, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Benedikta menyebut, saat ini Indonesia merupakan negara dengan pengguna aplikasi mobile dengan pertumbuhan terbesar dan aplikasi hiburan tumbuh 25 persen setiap tahun.

“Kondisi ini mendorong pengembang aplikasi harus berinovasi untuk memenuhi permintaan dari pengguna yang terus bertambah sehingga transformasi digital melalui modernisasi Google Cloud harus dilakukan,” kata Benedikta.

CEO Nuon Digital Indonesia, Aris Sudewo mengatakan, Nuon memiliki peran dalam menciptakan banyak peluang dan dampak positif sebagai salah satu pelaku bisnis pada sektor digital games, digital music, dan digital edutainment.

Data menunjukkan bahwa mobile game merupakan kategori aplikasi terpopuler di Indonesia di 2022 dan diunduh lebih dari tiga miliar kali di semua platform.

"Dengan meningkatnya jumlah perangkat mobile yang terhubung di Indonesia menjadi 370,1 juta, Nuon tertantang untuk mengembangkan aplikasi lebih cepat, mengurangi ketergantungan pada infrastruktur on-premise, serta meningkatkan keamanan dan biaya," kata Aris.

Baca juga: Fenomena Konglomerat RI Masuk Bisnis Data Center, Ini Pandangan Ekonom Digital

Dikatakannya, dunia digital sedang mengalami transformasi yang cepat dan manfaat serta potensi yang muncul saat ini dari dinamika inovasi teknologi sangatlah besar.

"Saya senang kami dapat menemukan mitra yang sangat responsif di Searce dan Google Cloud yang benar-benar berinvestasi dalam kesuksesan kami. Kolaborasi ini akan memungkinkan kami untuk memimpin industri dalam berbagai hal," kata Aris.

Country Manager, Enterprise and Public Sector, Indonesia, Google Cloud, Anang Efendy mengatakan, beralih ke cloud juga akan memungkinkan perusahaan seperti Nuon Digital Indonesia untuk mengakses model dan alat AI generatif tingkat perusahaan melalui platform Vertex AI dari Google Cloud.

Baca juga: Youtube Kini Jadi Tulang Punggung Ekonomi Digital Indonesia, Mulai UMKM sampai Creativepreneur

"Hal ini akan membantu mereka meningkatkan kreativitas manusia, memperluas jangkauan pengalaman yang dapat diberikan oleh tim mereka, dan membuka jalan baru untuk keterlibatan audiens dan monetisasi, sambil melindungi kekayaan intelektual dan data kepemilikan mereka," katanya.

Gen AI akan memberikan dampak terbesar pada industri media, hiburan, dan game sejak kemunculan grafis 3D real-time dan smartphone.

Pihaknya bermitra dengan partner lokal seperti Searce untuk menghadirkan infrastruktur yang dioptimalkan untuk beban kerja, analisis data yang kuat, dan kemampuan AI yang paling kuat untuk memajukan ekonomi digital Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat