androidvodic.com

Menkominfo Budi Arie Sebut Starlink Bakal Beroperasi di IKN, Bulan Depan Uji Coba - News

Laporan wartawan News, Endrapta Pramudhiaz

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Infromatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi berharap Starlink sudah bisa beroperasi ketika upacara 17 Agustus nanti di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Budi mengatakan, Starlink akan lebih dulu uji coba di IKN yang rencananya dilakukan pada Mei mendatang.

Jika uji coba berlangsung baik, Budi menyebut Starlink sudah bisa langsung beroperasi di IKN Nusantara saat perayaan 17 Agustus nanti.

"Harusnya ya (bisa beroperasi saat Agustus nanti). Kalau uji cobanya berlangsung baik, terus uji layak operasinya kita keluarkan, dan memenuhi semua peraturan undang-undang yang berlaku di Indonesia, kita akan izinkan Starlink beroperasi," katanya ketika ditemui di kantor Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

Baca juga: Telkomsat Libatkan Starlink dalam Operasi Mudik Lebaran, Bantu Pemudik Berkomunikasi di Kapal Pelni

Budi menegaskan Starlink harus memenuhi semua persyaratan tersebut agar terciptanya level of playing field yang sama.

"Starlink itu melakukan ujicoba di IKN. Nanti kita tunggu semua. Semua pokoknya, level of playing field-nya sama," ujar Budi.

"Jadi, kami fair, kami memberi kesempatan pada mereka untuk ikut, tapi harus memenuhi semua regulasi yang ada dan berlaku di Indonesia," lanjutnya.

Sementara itu, untuk nilai investasi yang dikucurkan SpaceX agar bisa beroperasi di IKN Nusantara, Budi masih enggan membeberkan detailnya.

Diberitakan sebelumnya, Starlink telah mengajukan perizinan operasional Space X di Indonesia dan akan melakukan ujicoba layanan di ibu kota negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Space X telah mengajukan perizinan sebagai penyelenggara layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) dan Internet Service Provider (ISP) kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Menkominfo Budi Arie menekankan, Starlink harus mematuhi peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk memenuhi syarat beroperasi di Indonesia.

Dalam waktu dekat, Starlink akan melakukan uji coba di Ibukota Negara (IKN).

“Kalau di IKN itu (Starlink) dia bakal melakukan uji coba dan lagi diusahakan time table-nya (jadwal uji coba layanan Starlink di tahun 2024,” ungkap Menkominfo dalam keterangannya, dikutip Kamis (4/4/2024).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat