androidvodic.com

Gandeng Google Cloud, Devoteam Dorong Digitalisasi BPR di Indonesia - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Sanusi

News, JAKARTA - Devoteam G Cloud dan Google Cloud mengumumkan tentang kolaborasi mereka dalam membantu Bank Perekonomian Rakyat (BPR) di Indonesia untuk digitalisasi dan modernisasi.

Di era digital seperti sekarang ini, BPR dan BPRS (Bank Perekonomian Rakyat Syariah) bisa meningkatkan pelayanan mereka dengan lebih baik lagi apabila terus mengikuti perkembangan teknologi yang masif.

Sejak2023 lalu, OJK terus menghimbau BPR/BPRS untuk menjalankan digitalisasi agar lebih efisien dalam melakukan proses bisnis.

Baca juga: Dukung Transformasi Digital Perusahaan, Elitery Jadi Google Cloud MSP di Indonesia

Untuk mengoptimalkan digitalisasi di Financial Services Industry (FSI), Devoteam G Cloud dan Google Cloud bekerjasama menyelenggarakan sebuah acara bertajuk “Getting to Know Google Cloud for The Financial Services Industry”, yang dihadiri oleh lebih dari 100 BPR di seluruh Indonesia.

Acara yang diselenggarakan di kantor Google Indonesia yang bertempat di Pacific Century Place, Jakarta, pada 12 Mei 2024 lalu bertujuan untuk memperkenalkan BPR/BPRS dengan sederet perangkat Google Cloud yang bermanfaat untuk mengelevasi bisnis mereka.

Country Director Indonesia dari Google Cloud Fanly Tanto mengungkapkan program ini diharapkan bisa meningkatkan kompetensi BPR/BPRS dan masyarakat pedesaan.

Beragam hal bisa diciptakan untuk perkembangan industri BPR/BPRS ini, misalnya menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) dan algoritma machine learning untuk memudahkan proses verifikasi data nasabah, penyusunan marketing plan, hingga mendeteksi adanya aktivitas yang tidak wajar.

Dengan memanfaatkan teknologi, sistem pembukaan rekening juga bisa sangat mudah, proses pendaftaran menjadi lebih sederhana, mempersingkat waktu, mudah dijangkau kapan saja dan di mana saja, mengingat saat ini banyak nasabah yang menuntut pelayanan 24 jam.

Artifical Intelligence & Machine Learning Engineer dari Devoteam G Cloud Komang Mertayasa, yang memaparkan tentang kecanggihan Generative AI bagi BPR/BPRS, mengungkapkan, Generative AI bisa mendorong BPR/BPRS untuk mengelevasi bisnis mereka secara cepat dan efisien, meningkatkan kemampuan teknologi untuk memaksimalkan customer service, meningkatkan efisiensi operasional, dan mentransformasi manajemen finansial data.”

Baca juga: Di Google Cloud Next, Pemimpin Industri Jadi Saksi Terobosan AI dan Cloud Merevolusi Cara Berbisnis

“OJK Kediri berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Google Cloud beserta Devoteam G Cloud yang telah memberikan banyak wawasan kepada BPR/BPRS tentang pemanfaatan produk Google untuk digital marketing, serta peluang pemanfaatan sederet kemampuan Google Cloud untuk elevasi bisnis dan pemberian layanan yang lebih optimal kepada nasabah, diiringi dengan security system yang andal”, tutup Bambang Supriyanto, Kepala OJK Kediri, yang turut hadir dalam event tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat