androidvodic.com

Dampak Positif Infrastruktur Digital Bagi Perekonomian Nasional - News

News — melalui Kementerian Komunikasi dan informasi (Kemenkominfo) tengah mempercepat pembangunan infrastruktur digital diseluruh wilayah gunamengakselerasi penetrasi digital yang merata di Indonesia.

Salah satu yang diandalkan pemerintah untuk menyediakan infrastruktur digital di daerah dan pedesaan adalah Telkomsel.

Sebagai anak usaha BUMN, Telkomsel turut memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan infrastruktur digital di daerah dan pedesaan. Bahkan Telkomsel juga membangunBTS di daerah yang tak memiliki nilai ekonomis.

Dengan tersedianya infrastruktur digital di daerah dan pedesaan oleh Telkomsel membuat perekonomian suatu daerah menjadi tumbuh.

Sudah banyak UMKM yang tumbuhdan terbantu dengan kehadiran infrastruktur digital yang dibangun Telkomsel. Jika tidak tersedia infrastruktur digital, maka masyarakat atau UMKM hanya dapat menjualproduksinya di wilayahnya saja.

Baca juga: Jalin Kerja Sama dengan Telkomsel, BRI Hadirkan Ekosistem Finansial dan Digital Bagi Para Karyawan

Prof. Poppy Sulistyaning Winanti, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada mengatakan, saat ini Indonesia sudah memasuki ke era digital.

Dengan tersedianya infrastruktur digital yang handal dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sangat membantu perekonomian masyarakat.

Dengan adanya infrastruktur digital akan mempermudah masyarakat untuk mengembangkan bisnis dan memperluas pasar yang dimilikinya.

Sebelum adanya infrastruktur digital yang dibangun oleh Telkomsel, lanjut Poppy masyarakat hanya dapat memasarkanproduknya di wilayahnya saja.

Namun dengan tersedianya infrastruktur digital yang dibangun Telkomsel, kini masyarakat sudah dapat menjual produksinya di luar wilayahnya.

Bahkan mereka bisa menjual produknya hinggapasar internasional. Untuk dapat membuat UMKM Indonesia naik kelas, lanjut Poppy dibutuhkan infrastruktur digital yang handal.

“Saat ini infrastruktur digital yang berkualitas dan meratasangat dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat. Termasuk yang ada di daerah. Dengan adanya infrastruktur digital dariTelkomsel ini turut membantu perkembangan bisnis baik itu yang besar maupun sektor UMKM. Saya mengharapkan Telkomsel terus dapat mengembangkan jaringannya dan meningkatkan kualitas broadbandnya agar semakin banyak masyarakat dan UMKM dapat mengembangkan bisnisnya,” terang Poppy.

Berdasarkan study yang dilakukan oleh McKinsey Global Insitute menyatakan bahwa dampak internet terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 3,4 persen dari PDB 13 negara dan menghasilkan nilai tambah sebesar 1,672 miliar dolar ASyang menunjukkan dampak besar dari keberadaan internet.

Hal ini diperkuat dengan hasil riset Lembaga Demografi Universitas Indonesia (LDUI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia di pertengahan 2023 hingga awal 2024yang menyatakan kontribusi penetrasi internet Telkomsel terhadap perekonomian Indonesia sangat signifikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat