androidvodic.com

Menteri Budi Arie Pastikan Layanan Publik Segera Pulih Bertahap Pasca Gangguan Sistem PDN - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkapkan kini tengah dilakukan pemulihan layanan publik bertahap pasca adanya gangguan yang terjadi pada Pusat Data Nasional (PDN).

Budi mengatakan, gangguan ini berdampak pada beberapa layanan publik, termasuk layanan keimigrasian di bandar udara.

“Saat ini kami sedang melakukan pemulihan layanan secara bertahap,” ucapnya dalam pernyataannya, Kamis (20/6/2024).

Baca juga: Gangguan di Pusat Data Nasional Macetkan Layanan Imigrasi di Bandara

Ia melanjutkan, gangguan yang terjadi pada Pusat Data Nasional Sementara yang dikelola Kementerian Kominfo mengakibatkan gangguan pada sejumlah aplikasi layanan nasional yang terintegrasi.

“Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik,” ungkap Budi.

Menkominfo memastikan, tim teknis sedang bekerja keras untuk mengatasi masalah ini dan mempercepat proses pemulihan agar layanan publik normal bertahap.

“Saya pastikan saat ini tim sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan,” tandasnya.

Diketahui, saat ini Pusat Data Nasional yang digunakan bersama kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah merupakan Pusat Data Nasional Sementara berbasis cloud.

Penyediaan Pusat Data Nasional Sementara merupakan amanat dari Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Baca juga: Beasiswa Data Print 2024 untuk Siswa SMP SMA dan Mahasiswa, Catat Syaratnya

Lewat Pusat Data Nasional Sementara diharapkan proses migrasi data center dari instansi pemerintah sudah bisa berjalan secara bertahap.

Proses pembangunan Pusat Data Nasional pertama di Cikarang Jawa Barat tengah berlangsung dan diharapkan bisa selesai pada tahun ini.

Pemerintah merencanakan akan membangun Pusat Data Nasional di Batam dan Ibu Kota Nusantara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat