androidvodic.com

AWS dan FWD Group Perpanjang Pemanfaatan Teknologi Cloud - News

News, JAKARTA - FWD Group Holdings Limited memperpanjang kerjasama pemakaian teknologi awan (cloud) dengan Amazon Web Services (AWS).

Perpanjangan kerjasama ini merupakan bagian dari strategi cloud-first FWD dan selanjutnya AWS akan terus membantu FWD dalam menjalankan aplikasi bisnis inti, mulai dari keuangan hingga antarmuka pelanggan dan agen asuransi.

Melalui perpanjangan kerjasama teknologi cloud ini. FWD menjadi lebih lincah dengan skalabilitas, dan ketahanan yang lebih besar ketika secara progresif beralih dari mengoperasikan pusat data miliknya.

Baca juga: FWD Safe Life Protection Meluncur, Siap Lindungi Pengguna Traveloka

Group Chief Technology & Operations Officer FWD Group Sandeep Pandey mengatakan, di perusahaannya pemakaian teknologi cloud computing merupakan strategi bisnis holistik dan tidak hanya memprioritaskan untuk fungsi teknologi saja.

Mindset digital-first ini telah menghadirkan infrastruktur operasional dan kapabilitas yang tidak hanya aman dan berbasis cloud, namun juga sepenuhnya terintegrasi di seluruh fungsi bisnis dan dengan mitra seperti AWS.

"Melalui fondasi ini kami dapat lebih lanjut meningkatkan penerapan kecerdasan buatan atau AI generatif kami secara efisien, efektif, dan bertanggung jawab, sejalan dengan visi kami untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi," ungkapnya dikutip dari keterangan pers tertulis, Minggu, 23 Juni 2024.

Baca juga: Gandeng FWD Insurance, Kredit Pintar Beri Perlindungan Risiko Kesehatan atau Jiwa Nasabah

Dijelaskan, sejauh ini pemakaian teknologi cloud telah berdampak positif pada pengembangan dan penerapan perangkat lunak di internal perusahaan dan mempercepat waktu untuk menjangkau pasar asuransi dan meningkatkan pengalaman nasabah.

Pada akhir tahun 2023, 97 persen aplikasi FWD Group telah dimigrasikan ke cloud – naik dari 27 persen per 31 Desember 2020 – dengan 93 persen aplikasi yang ditargetkan untuk pensiun telah dihentikan.

Wakil Presiden Professional Services dan Generative Artificial Intelligence Innovation Center AWS, Francessca Vasquez mengatakan, perusahaannya selama ini telah mendukung perusahaan-perusahaan di industri keuangan dan asuransi di seluruh dunia untuk melayani konsumen mereka dengan lebih baik melalui teknologi cloud dan AI selama lebih dari satu dekade.

Pemanfaatan teknologi cloud dan AI generatif menunjukkan komitmen perusahaan pada transformasi digital di perusahaan klien.

Baca juga: Rinaldi Mudahar Duduki Jabatan Baru di FWD Insurance

"Kami senang dapat terus mendukung FWD Group dengan keandalan dan kapabilitas AWS yang telah terbukti, membantu mereka mempercepat inovasi, menghemat biaya, meningkatkan efisiensi, dan memperluas bisnis mereka," ungkap Francessca Vasquez.

Contoh kolaborasi dengan AWS termasuk aplikasi Omne by FWD, sebuah aplikasi asuransi dengan proses layanan mandiri dan klaim digital yang berfokus pada pelanggan, yang mendapatkan penilaian net promoter score yang kuat sejak diperkenalkan pada tahun 2022.

AWS juga memberikan dukungan kepada FWD dalam pengembangan pusat keuangan terpusat berbasis cloud untuk mengumpulkan, memvalidasi, dan memproses data keuangan, investasi, dan aktuaria di FWD.

Platform cloud digital FWD Group mencakup analitik, manajemen basis data, dan AI untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan pengembangan.

FWD Group sudah memanfaatkan AI sejak tahun 2019 dan kini memiliki hampir 200 model AI aktif yang diterapkan di seluruh bisnisnya dengan lebih dari 600 use case.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat