androidvodic.com

Investasi Rp 3,8 Triliun, Pabrik Frisian Flag Indonesia di Cikarang Resmi Beroperasi - News

Laporan Wartawan News, Lita Febriani

News, CIKARANG - Produsen produk berbasis susu, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) meresmikan pabrik terbarunya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada Selasa (2/7/2024).

Fasilitas yang memiliki luas 25,4 hektar atau setara dengan 35 lapangan sepakbola, mampu memproduksi 400.000 kilogram susu segar setiap hari untuk menghasilkan 700 juta kilogram produk susu setiap tahunnya.

Baca juga: Aturan Anti Dumping Produk Tekstil Tunggu Kebijakan Mendag dan Menperin

Pabrik ini mengimplementasikan industri 4.0 dengan menggunakan teknologi modern yang ramah lingkungan untuk memenuhi tujuan keberlanjutan perusahaan di pabrik ketiganya di Cikarang tersebut.

Pabrik ini memiliki potensi untuk memproduksi hingga 1 miliar kilogram produk susu setiap tahunnya.

Guna membangun pabrik ini, Frisian Flag berinvestasi sebesar 257 juta Euro atau setara Rp 3,8 triliun, sekaligus menjadi investasi terbesar perusahaan induk FrieslandCampina di seluruh dunia.

Baca juga: DPR Dukung Langkah Menperin Setop Relaksasi Impor

CEO Royal FrieslandCampina N.V. Jan Derck van Karnebeek, mengatakan pabrik susu baru FrieslandCampina di Cikarang menggarisbawahi dedikasi perusahaan untuk berinvestasi di sektor susu di Indonesia.

"Sebagai investasi produksi global terbesar kami hingga saat ini, fasilitas ini akan berfungsi sebagai pusat penghubung untuk Asia Tenggara," tutur Karnebeek dalam peresmian pabrik Frisian Flag di Cikarang, Selasa (2/7/2024).

Frisian Flag Indonesia sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan akses terhadap produk susu yang terjangkau dan bergizi, serta mendorong kesejahteraan di seluruh wilayah Asia Tenggara.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, menyampaikan saat ini tingkat konsumsi susu per-kapita masyarakat Indonesia masih sebesar 16,1 liter/kapita/tahun setara susu segar, di bawah negara-negara ASEAN lainnya seperti Malaysia yang mencapai 50,9 liter/kapita/tahun, Singapura sebesar 46,1 liter/kapita/tahun dan Vietnam sebesar 20,1 liter/kapita/tahun.

Baca juga: Menperin Minta Pabrikan Mobil China Jadikan RI Basis Produksi EV untuk Ekspor, Ini Respons TMMIN

"Keputusan PT Frisian Flag Indonesia untuk berinvestasi pada pabrik ini merupakan langkah yang tepat dikarenakan di momen yang bersamaan, investasi ini akan mendukung salah satu program kerja dari Presiden terpilih 2024 – 2029 untuk minum susu bagi anak sekolah (school milk) yang diharapkan dapat mendorong peningkatan gizi serta konsumsi susu masyarakat di Indonesia," tutur Agus dalam sambutannya.

Agus menambahkan, melalui pabrik ini diharapkan PT Frisian Flag Indonesia memperkuat kontribusinya dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kemitraan dengan peternak sapi perah, meningkatkan nilai tambah di dalam negeri dan dalam pertumbuhan ekonomi nasional, serta menyiapkan Masyarakat Indonesia yang sehat dalam menyongsong Indonesia Emas 2045.

"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada PT Frisian Flag Indonesia," imbuh Agus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat