androidvodic.com

Jemaah Haji Lansia Capai 30 Persen, Kemenag Minta Petugas Maksimal Layani Tanpa Ada Komplain   - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) menegaskan komitmennya dalam melayani jemaah haji lanjut usia (lansia) pada penyelenggaraan ibadah Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi di Arab Saudi.

Staf Khusus Menteri Agama RI, Wibowo Prasetyo menekankan bahwa target layanan adalah 'nihil komplain dari para jemaah lansia'.

Perlu diketahui, jemaah lansia yang mengikuti ibadah Haji tahun ini mencapai lebih dari 66.000 orang atau sekitar 30 persen dari total kuota Haji Indonesia.

"Kita tidak boleh main-main dalam melayani jemaah, apalagi 30 persen adalah lansia. Jemaah lansia harus terlayani tanpa komplain. Ikuti semua aturan yang telah ditetapkan," kata Wibowo, dalam pelepasan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tambahan di Jakarta, Kamis (1/6/2023) kemarin.

Ia pun meminta para petugas tambahan yang baru saja diberangkatkan itu untuk bekerja secara optimal di tanah suci.

Karena mereka mengemban tugas utama yakni melayani para jemaah selama beribadah di rumah Allah SWT.

Kendati demikian, para petugas Haji pun tetap bisa beribadah Haji dan hal itu seharusnya disyukuri.

Ia pun kembali mengingatkan agar para petugas fokus pada bidang tugasnya, bukan melakukan kegiatan pamer di media sosial atau mementingkan ibadah sunnah sendiri-sendiri.

Tidak hanya itu, Wibowo secara tegas meminta agar Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief menindak tegas petugas yang tidak bekerja secara maksimal.

"Kami sudah meminta kepada Pak Dirjen agar petugas yang tidak disiplin melayani jemaah dan tugas yang sudah menjadi tanggung jawabnya diberi sanksi tegas. Petugas dibiayai dengan APBN yang bersumber dari uang rakyat. Makanya saya minta agar petugas menata niat, ikhlas, sejak awal melayani jemaah," tegas Wibowo.

Dirjen PHU Kemenag, Hilman Latief pun menjelaskan bahwa para petugas tambahan ini 'spesial' karena tidak masuk dalam skenario awal penyelenggaraan Haji.

Baca juga: Ini Akomodasi Khusus Bagi Jemaah Haji Lansia dan Disabilitas yang Disiapkan di Makkah

Namun lantaran ada tambahan kuota Haji dari Saudi, maka perlu adanya petugas tambahan.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebelumnya juga menginstruksikan agar tingginya jumlah jemaah lansia tahun ini harus diimbangi pula dengan layanan yang terbaik untuk mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat