androidvodic.com

Sempat Berpisah, Pasutri Asal Indonesia Beda Kloter Bertemu di ‘Pintu Romantis’ Masjid Nabawi - News

News, MADINAH - Sempat berpisah selama pemberangkatan, dua jemaah haji Indonesia yang merupakan pasangan suami istri (pasutri) akhirnya bertemu di 'Pintu Romantis' Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.

Pasutri bernama Irpan Hilmi dan Saptaria Suciani itu menunaikan ibadah haji bersama pada tahun ini. Namun, keduanya mereka belum pernah ketemu sejak berangkat dari Tanah Air. 

Baru ketika di Masjid Nabawi, keduanya janjian di depan pintu pagar 338. Usai Salat Asyar, setelah beberapa kali komunikasi lewat ponsel, keduanya pun bertemu di depan pintu yang kerap disebut dengan Pintu Romantis tersebut. 

Pintu 338 disebut sebagai Pintu Romantis karena menjadi lokasi paling sering dipakai jemaah pasangan suami istri untuk bertemu usai salat berjamaah di Masjid Nabawi

Biasanya mereka berangkat dari hotel bersama, kemudian berpisah saat di masjid karena lokasi salat untuk perempuan dan laki-laki berbeda. Usai salat, pasangan suami istri biasa janjian di depan pintu 338 untuk kembali ke hotel atau jalan-jalan bersama di sekitar Nabawi. 

Baca juga: Kronologi Jemaah Haji Kloter 41 Marah Besar ke Garuda, Kemenag: Kita Tegur Keras

Baca juga: Kemenag: 47,5 Persen Penerbangan Haji Garuda Terlambat dari Jadwal

Pintu pagar 338 menjadi lokasi favorit karena tempatnya mudah dijangkau oleh jemaah perempuan. Pintu itu dekat dengan lokasi salat jemaah perempuan.  

Termasuk pasutri Irpan Hilmi dan Saptaria Suciani, mereka memilih janjian di pintu pagar tersebut karena mudah. “Janjian di sini karena mudah saja. Eh, setelah bertemu baru tahu dari teman-teman kalau pintu ini yang disebut pintu romantis,” kata Suci. 

Mereka bercerita, sejak berangkat tidak bisa bareng karena beda kloter dan beda waktu keberangkatan.  Suci berangkat 5 hari lebih dulu dibandingkan Irpan. Dia berangkat dari Sukabumi sementara sang suami dari Ciamis. 

Irpan sempat mengantarkan Suci saat sang istri dan ibunya berkumpul di Gedung Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Bandung, Jawa Barat sebelum berangkat ke embarkasi. 

Baca juga: Berjarak 50 Meter, Ini Hotel Jamaah Haji Indonesia Terdekat ke Masjid Nabawi, Masuk Pintu Romantis’

Sejak saat itu mereka tidak pernah bertemu. Dan baru di gerbang 338 inilah mereka kembali bertemu. “Rasanya campur-campur. Tapi dalam hati berucap, semoga bisa bertemu di Nabawi,” kisah Suci. 

Perjalanan haji Suci dan Irpan tergolong unik. Suci sebenarnya belum punya porsi untuk berangkat haji. Awalnya yang akan berangkat adalah ayah dan ibunda Suci.  

Lima bulan lalu, kedua orangtua Suci sudah mengikuti manasik haji. Tak disangka, setelah manasik kondisi sang ayah memburuk, sehari setelahnya lalu meninggal.  Suci pun ditawari untuk menggantikan porsi sang ayah dan menemani ibunya untuk berhaji. 

“Hasil rapat keluarga, saya yang berangkat. Itu juga suami yang bantu mengurus berkas-berkasnya,” ucap Suci yang asli Sukabumi itu. 

Sementara, Irpan sudah mendaftar haji meski belum waktunya berangkat. Saat tahu ada kebijakan pendamping lansia, dia pun mendafar untuk menemani sang ayah berhaji. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat