androidvodic.com

Kakek Umar Berhaji Usai Tak Sadarkan Diri Jelang Safari Wukuf, Tim Medis Darurat Jadi Kunci - News

Laporan wartawan News, Anita K Wardhani dari Arab Saudi 

News, MAKKAH - Umar Sida Mallo akhirnya lega, niatnya berhaji terwujud sudah, meski menuntaskan niat baiknya ini dengan kondisi fisik yang sangat lemah.

Kakek berusia 70 tahunan ini termasuk dari 300 jemaah haji yang disafariwukufkan.

Kementerian Agama menerapkan pola safari wukuf yaitu memberangkatkan jemaah calon haji Indonesia yang sakit dan tidak mampu berjalan menuju Arafah untuk wukuf dan biasanya menggunakan ambulans atau mobil tanpa menginap dan hanya beberapa jam saja di Arafah tanpa menginap.

Baca juga: Jemaah Haji Gelombang I Mulai Dipulangkan ke Tanah Air, Ada 49 Kloter Diberangkatkan dari Madinah

Saat mengikuti safari wukuf pun, Kakek Umar harus melalui jalan berliku.

Menjelang waktu wukuf pada Sabtu, 15 Juni 2024 bertepatan dengan 9 Dzulhijjah 1445 H, kondisi fisiknya tiba-tiba drop.

Menjelang diberangkatan bersama 300 temannya yang lain ke Arafah, kakek Umar tiba-tiba lemas di kamar mandi dan tidak sadar.

Beruntung kondisinya langsung diketahui tim Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH) yaitu tim penanganan kesehatan khusus menghadapi kedaruratan  yang dibentuk Kementerian Agama (Kemenag).

Baca juga: Enam alasan mengapa lebih dari 1.000 jemaah haji meninggal di Mekah

Menurut dr Meldy Muzada Elfa dari PKO3JH yang menjadi koordinator safari wukuf  kakek Umar ditemukan saat petugas haji sedari pagi sudah berjibaku untuk menyiapkan jemaah safari wukuf untuk berangkat ke arafah menggunakan bus.

safari wukuf lansiad
Tim medis darurat dari Penanganan Krisis dan Pertolongan Pertama pada Jemaah Haji (PKP3JH) menangani pasien krisis jelang safari wukuf.

"Menjelang pukul 6, saat jemaah sudah mulai dipersiapkan dengan kain ihram, tiba-tiba terdapat panggilan darurat ada jemaah lemas, tak sadarkan diri. Kami petugas haji PKP3JH tak ingin lambat segera menemui jemaah itu," kata dr Meldy Muzada Elfa kepada Media Center Haji (MCH) 2024, termasuk News.

Tak menunggu lama, Petugas PKP3JH dengan siap siaga langsung datang ke kamar jemaah yang berada di lantai 2.

Setelah dilakukan pemeriksaan, didapatkan pasien tidak sadar, tekanan darah turun, nadi meningkat, saturasi turun dan gula darah menurun.

Tim, kata dr. Meldy kakek Umar mengalami hipoglikemia dengan dehidrasi.

"Pembelian terapi cepat dilakukan oleh kawan-kawan Setelah diberikan pemberian cairan gula (dextrose 40 persen), guyur cairan dan pemberian oksigen akhirnya kesadaran membaik, namun pasien masih lemas," cerita Meldy.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat