androidvodic.com

Video viral siswi berhijab di India dilarang masuk sekolah makin picu kemarahan publik - News

Pengadilan tinggi di negara bagian Karnataka di India akan menindaklanjuti dua petisi terkait siswi Muslim menggunakan hijab saat sekolah.

Perkembangan ini terjadi setelah protes berminggu-minggu oleh enam remaja di sekolah menengah atas milik pemerintah.

Para pemrotes dilarang mengikuti aktivitas sekolah oleh pihak manajemen yang menekankan bahwa para siswi itu harus melepas hijab di dalam ruang kelas.

Masalah ini menimbulkan kemarahan dan ketakutan di antara kelompok minoritas Muslim India yang mengatakan konstitusi negara itu menjamin kebebasan mengenakan apapun yang mereka inginkan.

Isu ini juga menyebar ke sekolah menengah atas lain di negara bagian itu. Pada Kamis (03/02), video yang menunjukkan gerbang sekolah ditutup bagi perempuan yang memakai jilbab, menimbulkan kemarahan masyarakat.

Peristiwa di video itu terjadi di sekolah menengah atas di Distrik Udupi. Protes sebelumnya juga terjadi di Udupi, salah satu kawasan di Karnataka dengan komunitas yang cukup sensitif.

Para pengamat sering menggambarkan kawasan pesisir sebagai laboratorium bagi politik mayoritas Hindu. Kawasan ini adalah basis Partai Nasionalis Hindu, Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi. BJP juga berkuasa di Karnataka.

Perdebatan soal hijab ini telah menimbulkan polemik di India.

Pada awalnya, sebanyak enam pelajar putri Muslim di Karnataka mengaku dilarang masuk kelas selama berpekan-pekan karena berkeras mengenakan hijab.

Pihak sekolah berdalih bahwa para siswi tersebut diperkenankan untuk memakai hijab di lingkungan sekolah, kecuali di dalam kelas.

Seperti para pelajar lainnya, mereka memakai seragam. Tapi para siswi itu menegaskan bahwa seharusnya sekolah mengizinkan mereka untuk menutupi rambut.

"Kami diajar beberapa guru laki-laki. Kami harus menutupi rambut kami di depan laki-laki. Itulah mengapa kami memakai hijab," kata salah seorang pelajar putri bernama Almas AH, kepada BBC Hindi.

Keberadaan perempuan Muslim yang memakai hijab dan burka di India adalah pemandangan yang jamak. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, penganut agama minoritas seperti Islam dan Kristen merasa semakin tidak nyaman oleh kehidupan beragama yang kian terpolarisasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat