androidvodic.com

Rusia Gelar Latihan Tembakan Langsung di Laut Hitam, Kapal yang Dianggap Melanggar akan Ditahan - News

News - Angkatan Laut Rusia melakukan latihan tembakan langsung di Laut Hitam, Jumat (21/7/2023).

Latihan ini dilakukan beberapa hari setelah Kremlin menyatakan akan mempertimbangkan kapal-kapal yang melakukan perjalanan ke Ukraina melalui jalur air yang berpotensi menjadi target militer.

"Sebuah kapal rudal dari Armada Laut Hitam Moskow melakukan penembakan langsung rudal jelajah anti-kapal ke kapal sasaran di bagian barat laut Laut Hitam," ujar Kementerian Pertahanan Rusia, Jumat, dilansir Al Jazeera.

"Kapal dan penerbangan armada juga telah melakukan tindakan untuk mengisolasi area yang ditutup sementara untuk navigasi, dan juga melakukan serangkaian tindakan untuk menahan kapal yang melanggar," jelas sumber itu.

Diberitakan The Moscow Times, Rusia mengatakan kapal kargo dalam perjalanan ke pelabuhan Ukraina di Laut Hitam akan dianggap membawa kargo militer.

Kremlin juga telah menyatakan area yang tidak ditentukan di bagian barat laut dan tenggara perairan internasional Laut Hitam sebagai area berbahaya untuk sementara waktu.

Baca juga: Update Perang Rusia-Ukraina Hari ke-513: Oligarki Rusia Eugene Shvidler Gugat Sanksi Terhadapnya

Moskow pun memperingatkan risiko untuk membangun rute pengapalan Laut Hitam tanpa partisipasinya.

Menanggapi hal ini, Kyiv mengatakan siap untuk melanjutkan ekspor biji-bijian melalui pelabuhan selatannya, meskipun Rusia menarik diri dari kesepakatan itu.

Rudal Rusia Hantam Kota Pelabuhan Odessa dan Mykolaiv

Dikutip dari RFI, setidaknya dua orang tewas dan lebih dari 20 orang terluka setelah Rusia menghantam kota pelabuhan Odessa dan Mykolaiv di Ukraina dengan rudal dan drone pada Rabu (19/7/2023) malam.

Selain infrastruktur pelabuhan, Rusia juga menyerang sasaran sipil, termasuk bangunan perumahan dan administrasi, menurut pihak berwenang Ukraina.

Kyiv mengatakan, serangan sebelumnya di Odessa telah menghancurkan 60.000 ton biji-bijian yang dimaksudkan untuk ekspor.

Hal ini yang membuat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Rusia sengaja menargetkan pasokan biji-bijian.

Baca juga: Balas Ancaman, Ukraina akan Tenggelamkan Kapal yang Menuju Pelabuhan Rusia di Laut Hitam

(FILES) Kapal MV Brave Commander pertama yang disewa PBB memuat lebih dari 23.000 ton biji-bijian untuk diekspor ke Ethiopia, di Yuzhne, sebelah timur Odessa di pantai Laut Hitam, pada 14 Agustus 2022.
(FILES) Kapal MV Brave Commander pertama yang disewa PBB memuat lebih dari 23.000 ton biji-bijian untuk diekspor ke Ethiopia, di Yuzhne, sebelah timur Odessa di pantai Laut Hitam, pada 14 Agustus 2022. (OLEKSANDR GIMANOV / AFP)

Diketahui, Rusia telah membombardir pelabuhan selama tiga hari sejak mengumumkan tidak akan memperbarui inisiatif biji-bijian Laut Hitam, Senin (17/7/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat