androidvodic.com

Student loan: Apa itu pinjaman pendidikan dan mungkinkah diterapkan di Indonesia? - News

Pemerintah Indonesia tengah mengkaji program pinjaman pendidikan (student loan) di tengah kontroversi sejumlah universitas yang menggunakan sistem pinjaman online untuk pembayaran uang kuliah.

Bagi sebagian pihak, skema pinjaman pendidikan dikhawatirkan dapat memicu "beban ganda" bagi lulusan perguruan tinggi yang datang dari keluarga miskin.

Namun di sisi lain, sebuah pemodelan yang dilakukan oleh SMERU Institute menunjukkan bahwa pinjaman pendidikan "sangat mungkin" diterapkan di Indonesia – apabila skemanya tepat dan ditopang oleh subsidi pemerintah.

Wacana ini diungkapkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani menanggapi tingginya kebutuhan pembiayaan pendidikan bagi mahasiswa.

Sri Mulyani mengatakan bahwa dewan pengawas Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tengah mengkaji potensi mengembangkan pinjaman pendidikan.

Namun dia menyadari bahwa pinjaman pendidikan dapat menimbulkan masalah jangka panjang seperti yang terjadi di Amerika Serikat.

Menurut Sri, hal yang dikaji bersama perbankan mencakup bagaimana pinjaman itu dapat terjangkau, tidak memberatkan mahasiswa, mencegah penyimpangan, dan tetap mengafirmasi kelompok yang tidak mampu.

“Itu kombinasi yang harus kita capture dalam desainnya,” kata Sri dalam konferensi pers pada Selasa (30/01).

Wacana itu sontak menuai beragam reaksi di media sosial. Mereka yang kontra dengan rencana ini mayoritas berkiblat pada apa yang terjadi di AS, ketika banyak anak muda pada akhirnya terjerat utang jangka panjang.

Apa itu pinjaman pendidikan?

Mengutip Cambridge Dictionary, pinjaman pendidikan adalah perjanjian di mana mahasiswa atau universitas dapat meminjam uang dari bank demi membiayai kuliahnya.

Mahasiswa peminjam kemudian harus membayar kembali uang tersebut setelah selesai berkuliah dan mulai bekerja.

Dalam makalah berjudul Pembiayaan Pendidikan Tinggi di Indonesia: Menilai Fisibilitas Sistem Pinjaman Berbasis Potensi Pendapatan yang diterbitkan oleh Smeru Institute, disebutkan bahwa ada dua jenis sistem pinjaman pendidikan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat