androidvodic.com

AS Siapkan dana Rp 1.851 Triliun Bantu Ukraina, Israel dan Taiwan - News

News -- Setelah sekian lama ditunggu, Amerika Serikat akhirnya merilis anggaran bantuan militer untuk tiga negara sekutunya.

Tiga negara yang dimaksud adalah Ukraina, Israel dan Taiwan. Dua negara disebut terdepan saat ini sedang dilanda perang. Sementara Taiwan terus berusaha memisahkan diri dari China.

Bantuan tersebut senilai 118 miliar dolar AS atau Rp 1.851 triliun (kurs Rp 15.692/dolar AS).

Baca juga: Perang Rusia-Ukraina Hari Ke-711, Pilot Pembom Tu-95 Ditembak di Kota Engels Moskow

Dari dana sebanyak itu Ukraina bakalan mendapat jatah terbanyak yaitu 60 miliar dolar AS atau Rp 941 triliun, kemudian Israel 14 miliar dolar AS atau Rp 219 triliun serta Taiwan sebesar 4,8 miliar dolar AS atau Rp 75,3 triliun.

Sementara sisanya akan dialokasikan ke bantuan kemanusiaan bagi warga sipil di Gaza, Tepi Barat dan Ukraina, serta kebijakan perbatasan mencapai lebih dari 20 miliar dolar AS, yang seharusnya mencakup transportasi untuk deportasi, tempat penampungan dan lebih dari 4.000 petugas suaka baru.

Kebijakan tersebut telah disetujui oleh senat AS.

Presiden Biden segera menyatakan “dukungan kuatnya” terhadap undang-undang tersebut dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada hari Minggu, mengklaim bahwa kesepakatan tersebut dicapai “berdasarkan kesepakatan keamanan nasional bipartisan yang mencakup serangkaian reformasi perbatasan yang paling ketat dan paling adil dalam beberapa dekade.”

Pemimpin AS tersebut secara khusus menekankan dua “prioritas penting” yang akan memungkinkan Amerika Serikat dan mitranya “melanjutkan pekerjaan penting kami,” mengacu pada bantuan untuk Ukraina dan Israel, dan mendesak Kongres untuk “segera meloloskan” RUU tersebut.

Presiden Biden telah berjuang selama berbulan-bulan untuk mendapatkan dukungan bagi paket bantuan militer senilai $60 miliar ke Ukraina sebagai bagian dari tambahan keamanan nasional yang lebih luas. Namun, masih belum jelas apakah langkah-langkah perbatasan yang baru dinegosiasikan akan cukup untuk meyakinkan para pengkritik Partai Republik dan tidak mengusir kubu Demokrat yang progresif.

Baca juga: Pilpres Rusia: Siapa Boris Nadezhdin yang Ingin Jungkirkan Vladimir Putin?

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS, Mike Johnson, menegaskan kembali pada hari Minggu bahwa proposal Senat akan “mati” jika diajukan ke DPR dalam bentuknya yang sekarang.

“Saya sudah cukup melihatnya. RUU ini bahkan lebih buruk dari yang kami perkirakan, dan tidak akan mengakhiri bencana perbatasan yang diciptakan oleh Presiden,” kata Johnson pada X.

Pekan depan, DPR akan melakukan pemungutan suara mengenai paket bantuan “bersih” yang terpisah untuk Israel, namun Gedung Putih berulang kali mengindikasikan bahwa Biden berjanji akan memveto rancangan undang-undang tersebut, terserah atau tidak sama sekali.

Sementara anggota parlemen AS terlibat dalam negosiasi mengenai suplemen keamanan baru, para pemimpin Uni Eropa pekan lalu menandatangani paket dukungan sebesar €50 miliar ($54 miliar) ke Kiev “sesuai anggaran Uni Eropa.” Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, yang awalnya memveto proposal tersebut dengan alasan bahwa Brussels tidak tahu bagaimana dana tersebut akan dibelanjakan, dilaporkan “diperas” agar menerima kesepakatan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat