androidvodic.com

Saat Dunia Mendukung Perjuangan Julian Assange, Amerika Serikat Mengajukan Tuntutan Terhadap Assange - News

Saat Dunia Mendukung Perjuangan Julian Assange, Amerika Serikat Mengajukan Tuntutan Terhadap Assange

News- Amerika Serikat mengajukan tuntutan terhadap Julian Assange ketika dunia mendukung perjuangannya.

Tim hukum Washington menuduh Assange menempatkan orang pada 'risiko besar' melalui publikasi WikiLeaks

Sidang diadakan pada tanggal 21 Februari untuk hari kedua dan terakhir dari permohonan pendiri WikiLeaks Julian Assange untuk menghindari ekstradisi ke AS dan terus melanjutkan kasusnya di Inggris.

Assange menghadapi kondisi kesehatan yang memburuk dan tidak dapat hadir di pengadilan.

Clair Dobbin KC, seorang pengacara yang mewakili AS, mengatakan kepada pengadilan pada hari Rabu bahwa penuntutan terhadap Assange “didasarkan pada hukum dan bukti,” bukan pandangan politiknya.

Dia juga mengklaim bahwa Assange menempatkan orang-orang pada “risiko besar dan segera terjadi” dengan “tanpa pandang bulu dan sadar” menerbitkan nama-nama individu yang tercantum dalam dokumen rahasia AS yang tidak disunting.

Baca juga: Pendiri WikiLeaks Julian Assange Mulai Upaya Terakhir untuk Meraih Kebebasan, Kesehatannya Menurun

“Ini adalah dokumen yang mengungkapkan kepada dunia nama-nama sumber manusia yang belum disunting dan telah memberikan informasi kepada AS,” bantah Dobbin.

Dia juga mengatakan bahwa Assange dan WikiLeaks berusaha bekerja sama dengan peretas untuk mendapatkan akses terhadap informasi secara ilegal.

Dalam pengajuan tertulis ke pengadilan, pengacara AS menyebut kebocoran tersebut sebagai “salah satu kebocoran informasi rahasia terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.”

“Pemohon secara khusus dituduh bahwa dengan mempublikasikan informasi ini di situs WikiLeaks, dia menciptakan risiko besar dan akan segera terjadi bahwa sumber daya manusia yang disebutkan di dalamnya akan menderita cedera fisik yang serius,” tambah pernyataan itu.

Salah satu perwakilan hukum Assange, Jennifer Robinson, mengatakan dalam sebuah wawancara pada tanggal 20 Februari bahwa tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa publikasi WikiLeaks merugikan siapa pun.

Pengacaranya menyampaikan argumennya pada hari pertama persidangan, 20 Februari.

Baca juga: Pendiri WikiLeaks Julian Assange Bakal Diekstradisi ke AS, Terancam Penjara 175 Tahun

Mereka mengutip hukum kasus yang menetapkan bahwa “pengungkapan rahasia negara harus dibandingkan dengan kepentingan publik atas pengungkapan tersebut,” menurut Tareq Haddad, seorang jurnalis kawakan yang telah meliput kasus Assange selama bertahun-tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat