androidvodic.com

Ini Hukuman untuk Warga Afrika Selatan yang Ikut Bantu Tentara Israel jika Mereka Pulang ke Afsel - News

Ini Hukuman kepada Warga Afrika Selatan yang Membantu Tentara Israel jika Mereka Pulang ke Afsel

News-  Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Naledi Pandor telah bersumpah bahwa warga negara yang berperang di Pasukan Pertahanan Israel akan ditangkap setelah kembali ke negara tersebut.

“Saya telah mengeluarkan pernyataan yang memperingatkan mereka yang berasal dari Afrika Selatan dan yang berjuang bersama atau di Pasukan Pertahanan Israel. Ketika Anda pulang, kami akan menangkap Anda,” kata Pandor pada hari Minggu, di sebuah konferensi tentang solidaritas dengan Palestina di Pretoria dikutip dari Times of Israel.

Komentar tersebut menyusul peringatan awal pada bulan Desember oleh Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan, yang mengatakan dugaan pelanggaran hukum internasional oleh tentara di Gaza selama perang Israel-Hamas.

Baca juga: Afrika Selatan Siap Tangkap Warganya yang Gabung Tentara Israel di Jalur Gaza

Warga Afrika Selatan memerlukan persetujuan pemerintah Afrika Selatan terlebih dahulu untuk bisa berperang secara sah di Israel, kata kementerian itu.

Warga negara yang dinaturalisasi mempunyai risiko lebih lanjut untuk dicabut kewarganegaraannya di Afrika Selatan.

Karena mereka terlibat dalam perang yang tidak didukung atau disetujui oleh negara Afrika Selatan, tambah kementerian luar negeri.

Militer Israel mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Haaretz pada hari Rabu: “IDF berupaya memberikan respons terhadap kemungkinan risiko keamanan dan hukum ketika tentara ke luar negeri. IDF memantau masalah ini secara berkelanjutan, melalui koordinasi dan kerja sama dengan kementerian terkait.”

Afrika Selatan telah lama menjadi pendukung vokal perjuangan Palestina, dan partai berkuasa Kongres Nasional Afrika (ANC) sering mengaitkan hal ini dengan perjuangannya melawan apartheid.

Mereka mengecam keras balasan Israel terhadap serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober, yang memicu perang, mengajukan tuduhan genosida terhadap negara Yahudi tersebut ke Mahkamah Internasional (ICJ) dan menarik kembali semua diplomatnya.

“Jika Anda berpikir bahwa kami bertindak untuk mendukung Palestina karena pemilu tahun ini, Anda tidak tahu sejarah Afrika Selatan. Anda tidak tahu sejarah pembebasan dan perjuangan. Kami tidak bertemu dengan rakyat Palestina pada tanggal 8 Oktober. Kami telah berjuang bersama selama beberapa dekade,” kata Pandor.

Naledi Pandor telah bersumpah bahwa warga negara yang berperang di Pasukan Pertahanan Israel akan ditangkap setelah kembali ke negara tersebut.

“Rakyat Palestina melatih para pejuang kemerdekaan gerakan pembebasan. Ini adalah hubungan para pejuang kemerdekaan, para aktivis, dan negara-negara yang mempunyai sejarah yang sama. Sejarah perjuangan untuk keadilan dan kebebasan,” tambahnya.

Afrika Selatan mengajukan kasus genosida pada bulan Desember, menuduh bahwa Israel melanggar kewajibannya berdasarkan Konvensi Genosida 1948 dalam perangnya dengan kelompok Hamas di Gaza.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat