androidvodic.com

AS Selesaikan Pemasangan Dermaga Terapung di Gaza, Warga Gaza Bakal Bahagia atau Tambah Menderita? - News

AS Selesaikan Pemasangan Dermaga Terapung di Gaza, Warga Gaza Bakal Bahagia atau Tambah Menderita?

News- Pasukan Amerika Serikat telah menyelesaikan pemasangan dermaga terapung di Gaza.

CENTCOM mengatakan pada hari Kamis bahwa bantuan diperkirakan akan mulai memasuki Gaza dalam ‘hari-hari mendatang’.

Tentara AS mengumumkan pada 16 Mei bahwa mereka memasang dermaga kemanusiaan sementara di pantai Gaza, sebagai bagian dari inisiatif Joint Logistics Over-the-Shore (JLOTS) untuk membawa bantuan ke jalur tersebut.

“Hari ini sekitar pukul 07.40 (waktu Gaza) personel Komando Pusat Amerika Serikat yang mendukung misi kemanusiaan untuk memberikan bantuan kemanusiaan tambahan kepada warga sipil Palestina yang membutuhkan berlabuh di dermaga sementara ke pantai di Gaza,” kata CENTCOM dalam sebuah pernyataan.

“Sebagai bagian dari upaya ini, tidak ada pasukan AS yang memasuki Gaza. Truk-truk yang membawa bantuan kemanusiaan diperkirakan akan mulai bergerak ke darat dalam beberapa hari mendatang. PBB akan menerima bantuan tersebut dan mengoordinasikan distribusinya ke Gaza,” tambah pernyataan itu.

Baca juga: Ben Gvir Ajak Warga Israel Kembali ke Gaza, Menurutnya Kembali ke Gaza Berarti Kembali ke Tanah Suci

JLOTS terdiri dari dua bagian, yaitu dermaga terapung tempat pembongkaran kiriman bantuan, dan jalan lintas untuk menyalurkan bantuan ke titik distribusi di Gaza.

Inggris mengatakan pada tanggal 15 Mei bahwa pengiriman bantuan pertamanya, yang mencakup ribuan tempat penampungan sementara, sedang dalam perjalanan dari Siprus ke wilayah tersebut.

“Bantuan akan didistribusikan di Gaza sesegera mungkin,” kata London, seraya menambahkan bahwa tujuan awalnya adalah memasukkan 90 truk bantuan ke jalur tersebut setiap hari.

Menurut Pentagon, bantuan AS sudah berada di kapal yang berlabuh di pelabuhan Ashdod, Israel.

Seorang juru bicara Pentagon mengumumkan pekan lalu bahwa pembangunan dermaga dan jalan lintas hampir selesai, namun kondisi cuaca membuat pemasangannya tidak aman.

Para pejabat mengkonfirmasi kepada CNN pada saat itu bahwa meskipun sudah beroperasi, kondisi cuaca dapat terus menimbulkan risiko keselamatan saat bantuan disalurkan melalui dermaga.

Para pejabat AS juga menyatakan kekhawatiran keamanan mengenai waktu operasi dermaga tersebut, yang bertepatan dengan operasi Israel di Rafah dan pemboman tanpa henti dan tanpa pandang bulu terhadap kota tersebut.

Tempat yang direncanakan untuk melakukan operasi dermaga telah beberapa kali terkena mortir dan roket kelompok perlawanan dalam beberapa minggu terakhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat