androidvodic.com

Israel Makin Terancam, Serangan Drone Murah Hizbullah Bikin Loyo Iron Dome Seharga Rp 1 Miliar - News

Laporan Wartawan News Namira Yunia Lestanti

News, TEL AVIV – Serangan drone Hizbullah Lebanon yang ditembakan tanpa henti ke wilayah Israel Utara makin merusak kemampuan sistem pertahanan udara Iron Dome yang selama ini dibangga-banggakan srael.

Kekhawatiran itu diungkap oleh tiga pejabat Amerika Serikat (AS) setelah ketegangan Israel dengan Hizbullah meningkat.

Dalam laporan tertulisnya para pejabat senior yang enggan disebutkan namanya itu meminta pemerintah Israel untuk waspada terkait adanya kerusakan pada sistem iron dome.

Terlebih belakangan ini kerap beredar rekaman di jejaring sosial yang menunjukkan sebuah drone merusak baterai Iron Dome.

Meski isi video tersebut tak dijelaskan secara rinci terkait lokasi iron dome tersebut, namun netizen mayakini bahwa irone dome yang jebol itu merupakan perisai pelindung udara Israel.

"Kami menilai bahwa setidaknya beberapa baterai Iron Dome akan kewalahan[merespons serangan Hizbullah," kata seorang pejabat administrasi senior, seperti dikutip dari CNN International.

Merespon kekhawatiran para pejabat AS, Pasukan Pertahanan Israel (IDF) membantah adanya kerusakan sistem Iron Dome.

IDF mengatakan sistem tersebut hingga sejauh ini memiliki tingkat keberhasilan sebesar 95,6 persen.

Sistem pertahanan udara Israel, Iron Dome meluncurkan roket untuk mencegat serangan yang datang. Pada Senin (10/6/2024), Kiryat Bialik, Haifa, dilaporkan mendapat serangan dari Lebanon yang menembus wilayah udara Israel.
Sistem pertahanan udara Israel, Iron Dome meluncurkan roket untuk mencegat serangan yang datang. Pada Senin (10/6/2024), Kiryat Bialik, Haifa, dilaporkan mendapat serangan dari Lebanon yang menembus wilayah udara Israel. (khaberni)

Namun seperti sistem pertahanan udara lainnya, sistem ini bergantung pada persediaan rudal pencegat dan dapat dikalahkan jika serangan yang datang cukup besar.

Apabila Hizbullah terus melancarkan serangan dengan senjata canggih dengan durasi waktu yang cukup lama maka hal berpotensi merusak kemampuan sistem pertahanan udara Iron Dome dan mengancam warga Israel.

Kelebihan Iron Dome Israel

Iron Dome yang jadi matra pertahanan udara Israel berwujud kubah besi yang dirancang untuk melindungi Israel dari serangan-serangan udara pihak musuh seperti roket, artileri, dan mortir.

Uniknya Iron Dome ini bisa beroperasi dalam kondisi cuaca apapun.

Baca juga: Takut Diamuk Roket Hizbullah, Presiden Siprus Bantah Beri Sokongan ke Militer Israel

Sejak dirilis pada 2011 lalu, kehebatan Iron Dome dalam menghancurkan rudal musuh tak bisa diragukan lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat