androidvodic.com

Ada Ijtima Ulama, HRS Belum Sampaikan Dukungan ke Anies-Cak Imin - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Mantan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) menyatakan mendukung isi pakta integritas ijtima ulama tentang Pilpres 2024 yang mendukung pasangan Anies-Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN). 

Meski demikian, seperti disampaikan kuasa hukum HRS, Aziz Yanuar, hingga saat ini HRS secara pribadi belum menyatakan dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden tersebut untuk Pilpres 2024.

Aziz menyatakan, dukungan Rizieq Shihab kepada isi pakta integritas bukan berarti mendukung pasangan Anies-Cak Imin.

"Keputusan ijtima tersebut didukung oleh IBHRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab). Bukan IBHRS mendukung terbuka salah satu kandidat capres, karena IBHRS belum memberikan sikap resmi perihal tersebut," kata dia.

Aziz mengatakan, Ijtima Ulama memberikan dukungan kepada Anies-Cak Imin karena pasangan nomor urut 1 telah menyampaikan beberapa komitmen terhadap umat dan masyarakat.

"Ijtima ulama mendukung capres paslon 1 karena mereka bersedia menandatangani pakta integritas sebagai bentuk komitmen terhadap umat dan masyarakat," ucap dia.

Aziz mengatakan, arah dukungan Habib Rizieq Shihab dalam Pilpres 2024 akan ditentukan jika sudah ada keputusan yang diambil dengan melihat dinamika yang ada.

Baca juga: Pasangan AMIN Telah Tandatangani 13 Poin Pakta Integritas Ijtima Ulama, Apa Saja Isinya?

Rizieq Shihab bersama pengikutnya akan memberikan dukungan kepada pasangan capres-cawapres yang paling sedikit mudharatnya.

"Mengenai dinamika politik ke depan sepengetahuan saya FPI dan IBHRS selalu berusaha bijak dan jika harus pun terpaksa mengambil langkah, maka langkah yang diambil adalah yang paling sedikit mudharatnya dari berbagai pertimbangan, biasanya demikian," tukas Aziz.

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswesan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) telah menandatangani pakta integritas Ijtima Ulama.

Baca juga: Ijtima Ulama Sodorkan 13 Pakta Integritas Sebagai Syarat Dukung Anies dan Cak Imin, Ini Poin-poinnya

"Alhamdulillah benar (AMIN sudah menandatangani pakta intergritas Ijtima Ulama)," kata Aziz Yauar yang juga anggota Steering Committee Ijtima Ulama kepada News, Kamis (14/12/2023).

Saat berkampanye di Jambi hari ini, Anies juga sempat ditanya mengenai pakta integritas itu. Anies meyakini dukungan dari forum Ijtima Ulama akan menambah luas jangkauan dukungan bagi AMIN.

"Alhamdulillah sebuah keniscayaan dan kita berjuang terus untuk perubahan Indonesia yang lebih adil," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat