androidvodic.com

Mahfud MD Disebut Paling Siap Debat Cawapres, Haris Pertama: Bukan Hasil Malpraktik Konstitusi - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Prof Mahfud MD disebut jadi sosok paling siap mengikuti debat perdana cawapres 2024 dibandingkan dua cawapres lainnya.

Sedianya, debat cawapres akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (22/12/2023) malam ini.

Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Capres-cawpares Ganjar-Mahfud, Haris Pertama, hal ini cukup beralasan mengingat Mahfud adalah sosok yang bukan dari sebuah hasil malpraktik konstitusi.

‘’Prof Mahfud MD itu paling siap ikut debat perdana cawapres dibanding dua cawapres lainnya. Karena beliau itu bukan sosok yang dihasilkan dari malpraktek konstitusi," kata Haris dalam keterangannya, Jumat (22/12/2023).

Haris menjelaskan bahwa malpraktik konstitusi ini sebagai tindakan pelanggaran terhadap integritas pemilihan umum (pemilu), baik disengaja maupun tidak disengaja dan legal maupun ilegal.

Malpraktik konstitusi ini, lanjut Haris, sebagai pelanggaran dalam proses penyelenggaraan pemilu yang bersifat tidak sadar dan tidak disengaja, dan sadar dan sengaja. 

"Tidak disengaja biasanya disebabkan oleh ketidaktelitian, ketidakmampuan, kelalaian dan kecerobohan dari para hakim konstitusi," kata dia.

Sehingga, malpraktik konstitusi ini dapat memengaruhi hasil dan kualitas representasi dari Pilpres tersebut. 

Baca juga: Awas Blunder, Debat Cawapres Dinilai Bisa Pengaruhi Elektoral apabila Kandidat Lepas Kontrol

Bahkan, dengan terjadinya malpraktek konstitusi ini, Haris menilai juga akan mengurangi legitimasi pemerintahan dan dapat mengurangi partisipasi dari hasil Pilpres.

‘’Jadi, hemat saya bahwa kemampuan Pak Mahfud MD yang akan tampil pada debat perdana cawapres nanti malam benar-benar sudah terasah dan mumpuni," kata dia.

"Karena beliau itu bukan orang yang kemarin sore belajar (ikut) berdebat. Sehingga saya yakin bahwa Prof Mahfud MD ini akan tampil Tas Tes dan penuh kebijaksanaan," tandas Haris

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat