androidvodic.com

Beri Solusi Masalah Air Bersih hingga Kekeringan, Pendukung Ganjar-Mahfud Bantu Warga di Wonogiri - News

Tribunnews/Acos Abdul Qodir

News, JAKARTA - Guna mendukung program capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud dan membantu kesulitan warga mendapatkan akses air minum, relawan Progresif Ganjar-Mahfud menggelar bakti sosial (baksos) Air Bersih di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Direktur Nasional Progresif, Eka Sastra mengungkapkan saat ini sekitar 26,35 persen rumah tangga di seluruh daerah Indonesia belum memiliki akses air minum layak, dan hanya 17% yang menikmati akses air aman. 

"Kekeringan serius telah mengurangi pasokan air, baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun pertanian. Kami di Relawan Progresif Ganjar-Mahfud ingin mengubahnya dengan aksi nyata," ujar Eka dalam keterangan pers, Selasa (23/1/2024).

Ia menjelaskan, pihaknya dalam bakti sosial memfokuskan pada penyediaan air bersih bagi ratusan warga di Wonogiri yang mengalami kekeringan dalam waktu lama.

"Ini bukan hanya tentang membagikan air. Tapi, juga memastikan bahwa setiap warga Indonesia memiliki akses ke air bersih dan sehat. Ini hal yang akan diperjuangkan oleh pasangan Ganjar-Mahfud apabila terpilih sebagai pemimpin negeri," tambah Eka.

Dengan aksi ini diharapkan dapat menginspirasi lebih banyak relawan maupun elemen masyarakat lain untuk berinisiatif membantu akses air bersih dan sehat ke warga.

“Kegiatan ini kami harapkan dapat menginspirasi seluruh relawan dan masyarakat yang sadar bahwa ada masalah besar yaitu krisis air bersih di di sekitar kita dan mereka butuh uluran tangan kita,” ujarnya.

Sekretaris Nasional Relawan Progresif, Titi Rusdi menambahkan, program ini dilakukan melalui program Kampung Sehat, yang bertujuan untuk menyediakan air minum aman, memastikan sanitasi baik, dan pengelolaan air limbah yang efektif di beberapa daerah.

Titi berharap, ke depannya tidak hanya terbatas pada penyediaan air bersih. Tetapi, pihaknya bisa mengedukasi masyarakat tentang pentingnya pengelolaan air dan sanitasi yang berkelanjutan. 

"Ini adalah investasi untuk masa depan, agar generasi mendatang dapat menikmati sumber daya air yang sehat dan aman," tambah Titi.

Sementara itu, Deputi Progresif, Dina Albens, yang turut hadir di Wonogiri, mengatakan kegiatan baksos air bersih tidak saja untuk memenuhi kebutuhan air bagi ratusan warga, tapi juga untuk sosialisasi mengenai pentingnya pengelolaan dan sanitasi air.

“Selain fokus kepada UMKM, kami juga concern tentang isu lingkungan. Kami berkomitmen untuk bekerja sama menjaga lingkungan di tengah kondisi bumi saat ini yang sedang mengalami global boiling. Kita perlu memecahkan masalah bersama tentang krisis air bersih akibat kekeringan. Semoga bermanfaat untuk masyarakat,” ujar Dina.

Sekilas Relawan Progresif 

Progresif adalah singkatan dari Program Gotong-Royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif.

Relawan yang fokus pada pemberdayaan UMKM ini dideklarasikan di Gedung Smesco, Jakarta, 8 Desember 2023 lalu.

Relawan ini telah memiliki cabang di 38 provinsi di Indonesia.

Baca juga: TPN: Ganjar Presiden Rakyat Fokus pada Ekonomi, Prof Mahfud Tegakkan Hukum Berkeadilan

Kini, Progresif dipimpin Direktur Nasional Progresif, Eka Sastra.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat