androidvodic.com

KPU Penuhi Usulan Tambah Waktu 2 Menit dalam Segmen Penutup Debat Capres 2024 - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - KPU RI menenuhi usulan dari tiga tim pasangan calon presiden dan wakil presiden (paslon) peserta Pilpres 2024 untuk memberikan tambahan waktu 2 menit kepada masing-masing paslon pada segmen keenam atau penutup debat kelima Pilpres 2024 di JCC Senayan Jakarta, Minggu (4/2/2024).

Mereka yang akan berdebat adalah ketiga calon presiden (capres) yakni capres nomor urut 1 Anies Baswedan, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan hal tersebut diputuskan berdasarkan kesepakatan antara KPU RI, tim paslon, dan stasiun TV penyelenggara.

Namun secara prinsip, kata dia, waktu dan segmen dari pelaksanaan debat tidak mengalami perubahan termasuk total durasi penyelenggaraan debat selama 120 menit.

Ia menjelaskan total durasi tidak bertambah meski ada tambahan waktu selama 2 menit di segmen terakhir untuk masing-masing paslon karena waktu untuk moderator yang diringkas.

Baca juga: Gelar Nobar Debat Capres, Pendukung Ganjar dan Anies Siap Kolaborasi untuk Selamatkan Demokrasi

Hal tersebut disampaikannya saat konferensi pers di kantor KPU RI Jakarta Pusat pada Jumat (2/2/2024).

"Kami sudah kelola itu, dan sudah kami atur. Dan kemudian nanti khusus di segmen keenam atau penutup maka alokasi waktu untuk closing statment dari masing-masing calon presiden akan dipenuhi sebanyak 4 menit masing-masing paslon," kata Mellaz.

Sebanyak 12 orang panelis, kata dia, juga telah mengkonfirmasi kesediaan mereka.

Para panelis, lanjut dia, akan mulai melaksanakan proses karantina mulai Jumat (2/2/2024) malam sampai Minggu (4/2/2024).

Baca juga: Kata Ganjar soal Persiapan Debat Capres Terakhir

"Kami juga sudah mendapatkan konfirmasi beberapa hari lalu dari 12 orang panelis yang nanti akan bertugas menyusun pertanyaan-pertanyaan yang akan diajukan oleh moderator nanti pada saat pelaksaan debat sesuai fengan enam tema yang sudah kami sebutkan," kata dia.

"Pertanyaan akan disusun dalam klaster-klaster enam tema dan kemudian jumlahnya ada 18 sebagaiman yang dilaksanakan sejak pelaksanaan debat pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima mendatang," sambung dia.

Sebanyak 12 orang panelis yang sudah dikonfirmasi dan menyatakan kesediaannya untuk terlibat menyusun pertanyaan debat adalah:

1. Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Prof Dr Aminuddin Syam, SKM, M. Kes, M. Med. Ed.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat