androidvodic.com

Ray Rangkuti Sebut Tak Etis, Alasan Jokowi Temui Gibran Usai Kampanye dengan Dalih Antarkan Cucu - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo menemui putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, seusai cawapres dari nomor urut 2 itu melakukan kampanye akbar.

Jokowi mengungkap alasan pertemuan yang terjadi di Hotel Fairmont Jakarta pada Sabtu (10/2/2024) malam itu karena ingin mengantar dua anak Gibran, Jan Ethes Srirandra dan La Lembah Manah.

Menurut Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti, dalih Jokowi tersebut tidak etis.

"Amat tidak pantas cucu menjadi sebab kunjungan. Kok bisa anak sekecil itu dijadikan dasar untuk mengundang hal yang kontroversi. Soalnya alasan Jokowi kemarin (bertemu Gibran) adalah mengantar cucu,” ucapnya saat memberikan materi dalam diskusi bersama Koalisi Masyarakat Sipil di Jakarta, Minggu (11/2/2023).

Ray menilai bahwa kunjungan seorang kepala negara setelah kampanye akbar dari paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran, justru melunturkan sikap netral yang seharusnya dijaga oleh Jokowi.

Menurut Ray, ada tiga faktor yang akan meningkatkan rasa kecewa masyarakat terhadap Jokowi.

Pertama, kecurigaan publik lantaran Jokowi makin menunjukkan sikap tidak netral makin terlihat.

“Bagaimana kok presiden bisa berkunjung ke penginapan di mana salah satu paslon berada di sana,” katanya.

Kedua, Ray menilai bahwa tindakan Jokowi seakan melempar guyon satir dari kritik yang dilayangkan oleh civitas academica dan guru besar yang dalam 1 minggu terakhir berharap agar presiden bersikap netral.

“Kunjungan itu seakan meledek sikap guru besar. Ketiga, seperti presiden yang menyatakan tak akan kampanye dan tetap netral seakan menjadi kalimat pemanis di bibir saja,” ujar Ray.

Diberitakan, Presiden Jokowi menemui cawapres nomor urut 2 sekaligus putranya, Gibran Rakabuming Raka, di Hotel Fairmont Jakarta, Sabtu (10/2/2024) malam.

Jokowi menemui Gibran usai putranya itu mengikuti kampanye Prabowo-Gibran di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Diketahui, Gibran memang meningap di hotel bintang 5 tersebut yang berada di seberang jalan SUGBK dan berjarak sekitar 1 kilometer.

Pantauan News, Presiden Jokowi terlihat datang ke Hotel Fairmont dengan menumpangi mobil Alphard berwarna hitam. Dia terlihat memakai pakaian kaos lengan panjang warna hitam.

Saat itu, Presiden Jokowi turun dari mobil dengan membawa kedua anak Gibran yaitu Jan Ethes dan La Lembah Manah di lobi hotel. Saat itu, eks Gubernur DKI Jakarta tersebut terlihat menggandeng La Lembah.

Baca juga: Jokowi Temui Gibran di Hotel Seberang GBK usai Kampanye Akbar, Ada 2 Sosok Mungil Diajaknya

Usai turun dari mobil, mereka pun langsung masuk ke dalam Hotel Fairmont. Selang beberapa menit, Presiden Jokowi pun kembali keluar dari hotel dan sempat menemui awak media. 

Kepada awak media, Jokowi mengaku kedatangannya ke hotel ini hanya untuk mengantar pulang kedua cucunya kepada Gibran. Sebab seharian, dirinya menghabiskan waktu akhir pekan bersama kedua cucunya, Jan Ethes dan La Lembah.

"Ya seharian saya momong cucu. Malamnya saya anterin ke yang punya anak," ucap Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat