androidvodic.com

TPN Ganjar-Mahfud Imbau TNI-Polri Netral di Masa Tenang Pemilu 2024 - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud Hasto Kristiyanto mengimbau agar TNI-Polri netral dalam menjalankan tugasnya sesuai konstitusi selama masa tenang Pemilu 2024 tiga hari ke depan.

Ia berharap selama tiga hari masa tenang ke depan menjadi cermin kebebasan suara rakyat untuk bergerak tanpa paksaan dan intimidasi dalam menggunakan haknya pada pemilu 2024.

"Pada kesempatan ini kami juga mengimbau seusai dengan tugas-tugas konstitusional dan dengan sejarah yang gemilang untuk TNI-Polri benar-benar menempatkan netralitasnya," kata dia saat konferensi pers di Media Center TPN Menteng Jakarta Pusat pada Minggu (11/2/2024).

"Jadi tiga hari ke depan harus menjadi suatu cermin kebebasan suara rakyat, civil society, semua untuk begerak tanpa paksaan, tanpa intimidasi, bahkan juga tanpa money politic. Dengan demikian pemilu bisa berjalan dengan baik," sambung dia.

Ia mengingatkan peristiwa sejarah yakni pada pemilu legislatif tahun 1997.

Saat itu, tercatat partai Golkar memenagkan pemilu legislatif dengan perolehan 74,51 persen suara dengan 325 kursi.

Menurutnya, sejarah tersebut membuktikan bahwa rezim yang sangat otoriter pun bisa tumbah oleh kekuatan rakyat yang didorong gerakan mahasiswa.

"Dan perguran tinggi saat ini sudah bergerak menyuarakan hal tersebut dan kami harapkan ini bisa didengarkan sebagai suara rakyat, suara kebenaran, aga 3 hari ke depan Indonesia bisa menampikkan gambaran demokrasi dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat," kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat