androidvodic.com

Anies Harus Cepat Ambil Keputusan Maju Pilgub Jakarta atau Tidak, Bisa Amsyong, Ini Alasannya - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Universitas Esa Unggul, M Jamiluddin Ritonga menyoroti Anies Baswedan yang tengah mempertimbangkan maju di Pilgub Jakarta 2024.

Jamil mengatakan, keputusan Anies untuk maju tentu sangat ditunggu baik kawan maupun lawan politiknya. Sebab, Anies merupakan salah satu sosok kuat yang berpeluang menang dalam Pilgub Jakarta 2024, selain Ridwan Kamil dan Ahok.

"Tingginya elektabilitas Anies tentu tidak menyulitkannya mendapat dukungan dari partai politik. Sebab, partai politik akan mencari sosok yang berpeluang menang. Hal itu ada pada sosok Anies," kata Jamil, saat dihubungi News, pada Kamis (23/5/2024).

Sehingga, menurutnya, meskipun Anies bukan kader partai, namun peluangnya mendapat dukungan partai politik sangat besar. 

Setidaknya mantan Gubernur DKI Jakarta itu berpeluang besar akan diusung Nasdem, PKS, dan PKB dan hal itu pun juga sudah dinyatakan oleh petinggi dari tiga partai tersebut.

Baca juga: Situasinya Beda dengan Pilkada 2017, Anies Diprediksi Sulit Dapat Tiket Maju di Pilgub Jakarta

Meski demikian, kata Jamil, Anies harus cepat memutuskan maju tidaknya dalam Pilgub Jakarta 2024

"Bila tidak (cepat mengambil keputusan), bisa saja tiga partai itu atau satu di antaranya meninggalkan Anies dan memilih mengusung kadernya," ucapnya.

Soal memajukan kadernya, Jamil menjelaskan, peluang itu bisa saja diambil PKS, mengingat saat Pileg 2024 partai tersebut menjadi pemenang di Jakarta. Karena itu, PKS merasa cukup kuat mengusung kadernya dengan mengajak satu atau partai lainnya untuk berkoalisi.

Anies Masih Hitung-hitung Maju Pilgub Jakarta Lagi atau Tidak

Anies mulai membuka peluang maju di Pilkada Jakarta 2024 dengan mempertimbangkan segala yang ada.

Hal itu dikatakan Anies setelah mendapat dukungan dari warga agar maju di Pilkada Jakarta 2024 saat menghadiri acara silaturahmi dan halal bihalal dengan PKL dan Warga Kampung Jaringan Rakyat Miskin Kota di Kampung Marlina, Minggu (19/5/2024).

Baca juga: Termasuk Bobby Nasution, Seluruh Cagub yang Diusung Gerindra akan Segera Bertemu Prabowo

Dia menyatakan dirinya sedang mempertimbangkan secara serius tawaran yang datang kepadanya menuju kursi orang nomor satu di Jakarta.

Awalnya, perwakilan dari Jaringan Rakyat Miskin Kota, Sugiarti, menyatakan dukungannya agar Anies maju lagi di Pilkada Jakarta.

"Kami siap dukung penuh untuk memenangkannya," ujar Sugiarti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat