androidvodic.com

Antisipasi Teror, Polisi Tetap Dalami Lima Orang Mengaku YouTuber yang Diamankan saat Sidang Rizieq - News

News, JAKARTA - Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, pihaknya masih akan mendalami pemeriksaan terhadap lima orang yang diamankan saat sidang tuntutan Muhammad Rizieq Shihab (MRS) Kamis (3/6/2021) kemarin.

Adapun dalam hasil pemeriksaan sementara kata Erwin, ke-limanya mengaku sebagai seorang YouTuber yang dengan sengaja merekam video kondisi sekitaran Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur untuk meningkatkan followers.

Hal itu ditunjukkan berdasarkan barang bukti sebuah dokumen gambar dalam suatu device yang diamankan kepolisian saat proses pemeriksaan di depan PN Jakarta Timur.

Kendati demikian kata Erwin, pemeriksaan lebih lanjut tetap dilakukan pihaknya, guna mengantisipasi adanya ancaman teror.

"Karena ketika seseorang menggambar suatu area, apapun bisa terjadi. Kami tidak mau juga nanti terjadi kaitannya dengan teror dan sebagainya dan kemudian petugas akan kecolongan dengan situasi semacam itu, ini antisipasi saja," kata Erwin saat dikonfirmasi, Sabtu (5/6/2021).

Meski begitu, Erwin menyebut kalau hingga pemeriksaan sementara dilakukan selama 1x24 jam kemarin, kepolisian tidak melihat adanya hal yang berbahaya.

Namun, pendalaman pemeriksaan tetap perlu dilakukan untuk mengungkap motif dari kelima orang tersebut merekam area PN Jakarta Timur tersebut.

"Kami ingin mengetahui sejauh mana motivasinya untuk mengelilingi pengadilan negeri dan merekam suasana di Pengadilan Negeri Jakarta Timur," tutur Erwin.

Atas dasar itu maka Erwin menyebut, pihaknya memberlakukan wajib lapor dan melakukan pembinaan kepada kelima orang yang saat diamankan berada dalam satu mobil yang sama itu.

Kondisi pengecekan mobil yang mencurigakan di depan PN Jakarta Timur, Kamis (3/6/2021).
Kondisi pengecekan mobil yang mencurigakan di depan PN Jakarta Timur, Kamis (3/6/2021). (News, Rizki Sandi Saputra)

"Kami tetap akan melakukan pembinaan sekaligus wajib lapor sampai betul-betul kami yakin bahwa tidak ada motif lain," ucapnya.

Baca juga: Polisi: 5 Orang yang Diamankan saat Sidang Tuntutan Rizieq Ternyata YouTuber yang Cari Followers

Sebelumya, Polres Metro Jakarta Timur mengamankan satu unit mobil yang berisi lima orang di dalamnya saat sidang tuntutan atas terdakwa Muhammad Rizieq Shihab (MRS) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (3/6/2021).

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, sebelum melakukan pengamanan, pihaknya melihat mobil tersebut lalu-lalang di depan PN Jakarta Timur hingga empat kali melintas.

Menilai hal itu mencurigakan, lantas pihaknya langsung mencoba melakukan pemeriksaan dengan memberhentikan mobil tersebut.

"Tadi pagi kami menemukan ada satu kendaraan yang lalu lalang sampai 4 kali di PN Jaktim sehingga kami mencoba mengidentifikasi dengan kewenangan kami untuk memeriksa identitas pemobil tersebut," kata Erwin kepada awak media di depan PN Jakarta Timur, Kamis (3/6/2021).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat