androidvodic.com

Polisi: 5 Orang yang Diamankan saat Sidang Tuntutan Rizieq Ternyata YouTuber yang Cari Followers - News

News, JAKARTA - Lima orang yang diamankan kepolisian karena dinilai mencurigakan saat sidang pembacaan tuntutan terdakwa Muhammad Rizieq Shihab (MRS) di depan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (3/6/2021) kemarin, mengaku hanya ingin eksis di media sosial.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, kelima orang itu menyebut kalau kegiatannya yang lalu lalang di depan PN Jakarta Timur pada saat itu karena mereka sedang live YouTube.

Proses pemeriksaan itu dilakukan pihak Polres Metro Jakarta Timur selama 1x24 jam dengan mengintrogasi keseluruhan orang yang diamankan itu.

"Iya mereka ini dari hasil kegiatan introgasi yang kita lakukan, mereka menyatakan hanya untuk menaikan followers karena mereka Youtuber itu alasannya, sehingga mereka melakukan kegiatan seperti itu (berkeliling di depan PN)," kata Erwin saat dikonfrimasi, Sabtu (5/6/2021).

Baca juga: Lima Orang Diamankan saat Sidang Tuntutan Rizieq Shihab: Keliling PN Jakarta Timur Empat Kali

Hal itu juga didasari dari hasil temuan yang diamankan pihak kepolisian saat melakukan pengamanan, yakni berupa dokumen gambar situasi sekitaran PN Jakarta Timur dari sebuah device.

Dengan begitu, kata Erwin kelima orang yang diduga simpatisan Rizieq Shihab tersebut menyebut kalau video yang diambil saat sidang tuntutan eks Imam Besar FPI itu hanya untuk hiburan semata.

"Demi menaikan followersnya di YouTube, sejauh ini motifnya hanya iseng, tapi kita liat nanti dalam pemeriksaan lebih lanjut," tutur Erwin.

Baca juga: Perkara Hasil Swab Tes Palsu RS UMMI, Menantu Rizieq Shihab Dituntut 2 Tahun Penjara

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Timur mengamankan satu unit mobil yang berisi lima orang di dalamnya saat sidang tuntutan atas terdakwa Muhammad Rizieq Shihab (MRS) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Kamis (3/6/2021).

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Erwin Kurniawan mengatakan, sebelum melakukan pengamanan, pihaknya melihat mobil tersebut lalu-lalang di depan PN Jakarta Timur hingga empat kali melintas.

Menilai hal itu mencurigakan, lantas pihaknya langsung mencoba melakukan pemeriksaan dengan memberhentikan mobil tersebut.

"Tadi pagi kami menemukan ada satu kendaraan yang lalu lalang sampai 4 kali di PN Jaktim sehingga kami mencoba mengidentifikasi dengan kewenangan kami untuk memeriksa identitas pemobil tersebut," kata Erwin kepada awak media di depan PN Jakarta Timur, Kamis (3/6/2021).

Muhammad Rizieq Shihab (kanan) dan Hanif Alatas (kiri), dalam sidang lanjutan perkara hasil swab tes palsu RS UMMI, beragendakan tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU), Kamis (3/6/2021).
Muhammad Rizieq Shihab (kanan) dan Hanif Alatas (kiri), dalam sidang lanjutan perkara hasil swab tes palsu RS UMMI, beragendakan tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU), Kamis (3/6/2021). (Rizki Sandi Saputra/News)

Dari hasil pemeriksaan identitas tersebut, Erwin menyebut kalau pengemudi termasuk penumpangnya itu diduga merupakan simpatisan dari terdakwa Rizieq Shihab.

Adapun lima orang yang disebutkan Erwin itu rinciannya adalah satu orang wanita dan empat orang laki-laki.

"Mereka (diketahui) dari Karawang," ucap Erwin.

Baca juga: Kasus Hasil Swab Tes Palsu RS UMMI Habib Rizieq Shihab Dituntut 6 Tahun Penjara

Hingga saat ini, Erwin menyebut kalau pihaknya masih melakukan pendalaman pemeriksaan terhadap motif dari lima orang itu lalu-lalang di depan PN Jakarta Timur.

Sebab, kepolisian menemukan berupa dokumen gambar situasi PN Jakarta Timur yang diabadikan oleh ke-limanya.

"Dan sejauh ini kecurigaan kami ini masih kami dalami motifnya, yang bersangkutan itu lalu lalang di depan PN Jakarta Timur, dan mengambil gambar, ini akan tentu kami dalami tapi ini masih pemriksaan di Polres Jakarta Timur," tukas Erwin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat